Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Pasar Hewan Sarang Halang Pelaihari Kembali Dibuka

Tanah Laut, inspirasitala.co.id- Pasar Hewan Sarang Halang Pelaihari, kini kembali dibuka setelah beberapa hari ditutup Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan)Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Penutupan pasar hewan tersebut sebagai upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Kepala Disnak Keswan Tala, Iwan Persada mengatakan, kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang ditemukan di wilayah Tala terkonsentrasi hanya di Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari saja, sehingga penutupan sementara Pasar hewan Sarang Halang dibuka kembali secara terbatas.

“Penutupan Pasar Hewan Sarang Halang kita buka kembali, tapi hanya terbatas dengan beberapa syarat,” sebutnya Sabtu (21/5/22)

Iwan Persada menyebutkan syarat-syarat tersebut yakni, ternak yang diperdagangkan hanya ternak yang berasal dari dalam wilayah Tala yang belum ada laporan terjadinya kasus PMK, dan ternak yang berasal dari desa Bumi Jaya dan luar wilayah Tala tidak diperbolehkan masuk pasar hewan dan diperdagangkan.

Kemudian, ternak yang boleh diperdagangkan adalah ternak yang telah dinyatakan sehat secara klinis oleh dokter hewan yang berwenang yang bertugas di Pasar Hewan Sarang Halang serta akan dilakukan pengambilan sampel secara acak terhadap ternak yang diperdagangkan untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium terhadap PMK. 

Terakhir, meningkatkan biosekuriti dengan melakukan penyemprotan lingkungan pasar hewan menggunakan disinfektan.

Kadisnak Keswan dengan adanya pembukaan pasar hewan secara terbatas ini, ia meminta pengertian dan kesabaran para pedagang dan pelaku usaha di Pasar Hewan serta peternak di wilayah Tala. 

“Mohon do’a kepada semuanya untuk kita bersama-sama memohon kehadirat Allah SWT, semoga penyakit PMK bisa segera ditanggulangi di Bumi Tuntung Pandang ini,” ucapnya.

About Author