Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Guru Besar UIN Antasari Kagumi Filosofi Kondang Karna Salah Satu Inspirasinya Hadir Dari Al – Qur’an.

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Kabupaten Tanah Laut (Tala) kedatangan seorang Guru Besar dari UIN Antasari Prof. DR. KH. A. Hafiz Anshari sebagai pengisi tausiyah pada Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Kamis (17/02/2022). 

Momen kehadiran seorang guru besar tersebut tidak disia-siakan oleh Bupati Tala H. M. Sukamta di sela kegiatan untuk berbagi kisah seputar terciptanya Kopiah Tuntung Pandang (Kondang) sebagai kopiah atau peci khas Kabupaten Tala.

“Saya kagum akan filosofi Kondang ini setelah mendengar cerita bupati. Bukan hanya sekedar bentuknya, salah satu inspirasinya hadir dari Al-Qur’an Surah Ali Imran ayat 103,” ujar Prof. Hafiz dihadapan ASN lingkup Pemkab Tala.

Diketahui, makna ayat ini menunjukkan lambang persatuan dan kesatuan. Melalui ayat ini, Allah SWT berpesan agar selalu berpegang teguh pada tali Agama Allah serta jangan bercerai berai. 

“Realitas kehidupan masyarakat Kabupaten Tala yang dianugerahi beragam agama maupun suku nyatanya mampu hidup berdampingan dan bersatu dalam membangun Tanah Laut. Semua itu tergambarkan pada Kondang dan kreatifitasnya lahir justru dari Al-Qur’an,” imbuh Prof. Hafiz.

Ia menuturkan pula seandainya dalam segala aktivitas kita mampu berpikir sebagaimana pikiran dibalik lahirnya Kondang ini, bukan tidak mungkin tindakan kita InsyaaAllah merupakan tindakan yang Qur’ani.

(Disk Tla/Ben)

About Author