Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Posyantek Dan IKM Bersinergi, Produktifitas Pelaku Industri Kreatif Bisa Meningkat.

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta meyakini keuntungan yang diperoleh masyarakat pelaku industri kreatif bisa lebih signifikan dengan adanya sinergi dan kolaborasi antara Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) di desa-desa dengan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

Hal tersebut Ia sampaikan saat membuka Lomba Kreasi Desain dan Inovasi Tingkat Kabupaten Tala Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Perindustrian (Disnakrind) Asosiasi Eksportir berkolaborasi dengan Produsen Handicraft (ASEPHI) Tala di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Minggu (26/12/2021).

Apabila Posyantek dan IKM kita bisa saling bersinergi dan berkolaborasi, saya yakin margin keuntungan masing-masing juga bisa bertambah, produktifitas pelaku industri kreatif kita bisa meningkat dan biaya produksinya juga lebih efisien. Inilah yang perlu kita sadari, peluang-peluang yang ada harus dimaksimalkan”, ujar Sukamta.

Dalam kesempatan itu orang nomor satu di Tala ini kembali memberikan motivasi dan dorongan kepada para pelaku industri kreatif untuk terus berkarya dan berinovasi agar produk yang dihasilkan sesuai dengan permintaan dan kemajuan zaman.

“Acara ini adalah salah satu upaya kita untuk memberikan stimulan, ruang dan apresiasi kepada pelaku industri kreatif untuk tetap semangat dan menghasilkan karya-karya yang inovatif. Kita harus menyadari bahwa era digital ini menuntut kita untuk terus berinovasi, pasar terluas sekarang adalah pasar digital (online),”jelasnya.

Sukamta Berharap para pelaku industri kreatif  jangan sampai tertinggal memanfaatkan sistem pemasaran online ini.

“Manfaatkan teknologi agar produk-produk kita bisa mengikuti perkembangan zaman”, pungkasnya.

Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Tala selaku penyelenggara lomba menyiapkan tiga kategori pada acara lomba kali ini yaitu, desain pengembangan motif Sasirangan, desain produk berbahan limbah/alam dan lomba kreatifitas pembuatan mesin teknologi tepat guna untuk menunjang produksi IKM.

Turut berhadir Kepala Disnakerind Tala Masturi, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tala Hj Nurul Hikmah Sukamta, Ketua Yayasan Pecinta Sasirangan Provinsi Kalimantan Selatan Agus Sasirangan dan para pelaku IKM. (Pro/Ben)

About Author