Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

ASEPHI TALA Gelar ASEPHI FASHION RUNWAY 2021, Berbagai Macam Lomba Diadakan.

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id- Bertujuan memamerkan dan mengangkat produk- produk Industri Kecil Menengah (IKM) Tanah Laut (Tala) dengan konsep yang berbeda, Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesila (ASEPHI) Tala berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja Perindustrian (Disnakerind) serta Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Tala gelar ASEPHI FASHION RUNWAY 2021, Minggu (26/12/21).

Selain memamerkan produk-produk IKM, pada ajang Asephi Runway Fashion ini juga memperlombakan berbagai macam kerajinan,yaitu lomba pengembangan motif sasirangan, desain produk berbahan limbah/alam dan lomba kreatifitas cipta mesin TTG untuk menunjang produksi UKM.  

Pada ajang perlombaan yang diikuti ratusan pengrajin di Tala ini, Lomba desain pengembangan motif sasirangan, Feraria Putri berhasil keluar sebagai juara dengan motif sasirangan Bacolet.

Desain produk berbahan limbah/Alam berhasil dimenangi oleh Esi Lukas dengan produk Bunga artifisial kantong Plastik. 

Dan kreatifitas cipta mesin TTG penunjang produksi IKM dimenangi oleh Sirajudin dengan membuat alat Destilasi Albumin.

Di Asephi Runway Fashion ini selain memamerkan produk-produk IKM dan lomba, juga dilakukan pemilhan Duta Crafte/Crafter Ambasador Tala.

Usai kegiatan, Ketua ASEPHI Tala, Fahruzzaini mengungkapkan ASEPHI Runway Fashion adalah agenda tahunan Asephi dalam rangka ‘Hari Rayanya’ para crafter.

“Diajang show kali ini konsepnya lebih ke ulin, di stage kita taruh beberapa produk ulin,” ungkapnya.

Fahru mengatakan, kegiatan ini bertujuan memamerkan produk produk IKM kita di Tala dengan bungkusan atau konsep yang berbeda.

“Salah satunya fashion show menggunakan sasiranganya oleh model-model Tala dan oleh ibu-ibu Forkopimda, dan lansung di promosikan Bupati Tala” ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini menjadi agenda wajib bagi kita semua, karna dengan adanya kegiatan ini dampak dari penjualan para IKM luar biasa meningkat.

“Konkrit dan bisa ditanyakan langsung kepada para IKMnya, dan hasil dari kegiatan ini juga menimbulkan kreatif-kreatif muda Tala. Salah satunya kopiah khas Tala yang di launching langsung oleh Bupati Tala,” Kata Fahru.

Dirinya selaku ketua Asephi Tala juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dan mendukung sehingga terlaksananya kegiatan ASEPHI FASHION RUNWAY 2021 ini.

“Terkhusus terima kasih buat Bupati Tanah Laut, yang selama ini mendukung penuh kegiatan-kegiatan Asephi dan IKM di Tala,” pungkasnya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Agus sasirangan salah satu dewan juri desain motif sasirangan mengatakan kegiatan Asephi Fashion Runway ini acara yang luar biasa yang berkaitan erat dengan UMKM khususnya di Tala.

“Pertama yang berkaitan dengan saya adalah lomba desain motif sasirangan dari Tala, pesertanya luar biasa,” ucapnya.

Menurutnya, hasil desainnya juga luar biasa bagus-bagus sehingga membuatnya cukup bingung untuk menilai, karna banyak dari pengrajin juga mengangkat motif-motif dengan kearifan lokal, diantaranya ada motif kijang, anggrek, air terjun, gunung dan lain sebagainya.

“Semua kearifan lokal yang ada di Tala itu tertuang dimotif sasirangan,” Kata  Ketua yayasan pecinta sasirangan Kalimantan Selatan ini. 

Kemudian juga selain lomba desain motif sasirangan, sambungnya, juga ada lomba pemamfaatan limbah menjadi produk-produk yang sangat luar biasa kreatifnya.

“Intinya tujuan untuk meningkatkan nilai jual sebuah produk baik itu kain sasirangan maupun produk craftnya, dan kompetisi seperti ini juga menjadi satu wadah terbaru untuk memfasilitasi masyarakat tala dalam hal kreatifitas,” tutup Agus Sasirangan.

Acara yang dimulai dari pagi sampai malam ini ditutup dengan pemberian hadiah berupa tropy dan uang pembinaan kepada pemenang lomba.

Dan juga fashion show sasirangan serta launching kopiah khas Tuntung Pandang oleh Bupati Tala HM. Sukamta. (Ben)

About Author