Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Sambut Tahun Baru Islam dan Doa Selamat Kampung, Warga Sungai Riam Keliling Desa Baca Burdah

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id – ‘Doa selamat kampung’ dengan membaca qasidah burdah keliling desa merupakan kearifan lokal yang hingga saat ini masih berlanjut di Desa Sungai Riam, Kecamatan Pelaihari.

Doa selamat kampung di Desa Sungai Riam biasanya dilaksanakan pada setiap bulan muharram, tepatnya 10 muharram. Namun edisi kali ini berbeda, digelar malam 1 muharram dikarenakan sekaligus menyambut tahun baru islam 1446 H.

Berdasarkan pantauan media ini, Sabtu (6/7/24) malam puluhan mobil bak terbuka yang penuh diisi penumpang iring-iringan keliling desa membaca qasidah burdah yang dipimpin langsung oleh tokoh agama setempat Guru Ahmad Bakri atau lebih dikenal dengan guru Bakar.

Duduk di bak belakang mobil barisan depan, menggunakan pengeras suara Guru Bakar melantunkan qasidah burdah diiringi tepukan terbang.

Terlihat masyarakat sangat antusias dan acara berlangsung sangat meriah. Kegiatan ini ditutup dengan doa bersama disalah satu rumah warga di desa setempat.

Seusai acara, Guru Bakar atas nama peribadi menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada seluruh warga desa sungai riam. Ia juga menyampaikan permohonan maaf dari kegiatan ini karena masih banyak yang perlu dibenahi, dan berharap kedepannya lebih baik lagi.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini kita menyatukan dan juga menjadi ajang silaturrahim terhadap seluruh orang sungai riam dari suku apapun semuanya orang sungai riam yang sama-sama saling menghormati dan menghargai serta kegotong-royongan yang selalu di utamakan,” ucapnya.

“Semoga negara kita, Tanah Laut kita, Sungai Riam kita di jadikan oleh Allah menjadi baldatun thaiyyibatun warabbun gafuur,” doanya. (Ben)

About Author