Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Enam Orang Diperiksa Sebagai Saksi Perkara Dugaan Tipikor Impor Besi, Baja dan Turunannya. 

𝙅𝙖𝙠𝙖𝙧𝙩𝙖, 𝙞𝙣𝙨𝙥𝙞𝙧𝙖𝙨𝙞𝙩𝙖𝙡𝙖.𝙘𝙤.𝙞𝙙.-Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung memeriksa 6 orang saksi yang terkait dengan perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam impor besi atau baja, baja paduan dan produk turunannya tahun 2016 – 2021 dengan tersangka TB, T, BHL, dan 6 tersangka Korporasi. Senin (18/7/22). 

Berdasarkan siaran pers tertulis yang dikeluarkan Pusat Penerangan Hukukm saksi-saksi yang diperiksa dengan tersangka TB, T, BHL, yaitu: 

1. IWW selaku Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI, diperiksa terkait mekanisme penerbitan surat penjelasan (sujel) pada tahun 2016 dan 2020. 

2. SH selaku Kepala Biro Hukum Kementerian Perdagangan RI, diperiksa untuk menjelaskan terkait Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) tentang besi atau baja, baja paduan, dan produk turunannya dikaitkan dengan surat penjelasan (sujel). 

3. HT selaku importir an. PT Perwira Adhitama Sejati, diperiksa untuk menjelaskan sebagai perusahaan yang menggunakan jasa Meraseti Group antara lain Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK), transportasi dan kepengurusan perizinan lainnya.

4. AH selaku Direktur Utama PT Perwira Adhitama Sejati, diperiksa terkait laporan keuangan PT Prasasti Metal Utama. 

Sementara itu, saksi-saksi yang diperiksa dengan 6 tersangka Korporasi yaitu:

1. A selaku Staf Accounting pada PT Eka Sinar Abadi periode 2005 sampai sekarang, diperiksa terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam impor besi atau baja, baja paduan dan produk turunannya tahun 2016 sampai dengan tahun 2021 atas nama 6 Tersangka Korporasi.

2. AF selaku Mantan Komisaris PT Atika Bina Warga, diperiksa terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam impor besi atau baja, baja paduan dan produk turunannya tahun 2016 sampai dengan tahun 2021 atas nama 6 Tersangka Korporasi.

Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkesan perkara. (Rill/ foto : Katadata).

About Author