Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

DPC Laung Kuning Banjar Tala, Bagikan ini Kebeberapa Tempat Ibadah dan Makam Keramat.

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Memanfaatkan momentum bulan suci Ramadan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Laung Kuning Banjar Kabupaten Tanah Laut (Tala) bagikan sejumlah cat kaleng kebeberapa tempat ibadah seperti Masjid dan Langgar serta Makam-Makam Keramat yang ada di Tala.

Uniknya, kegiatan yang bersumber dana dari anggota DPC Laung Banjar Tala tersebut warna cat yang dibagikan hanya warna kuning dan hijau.

“Kenapa warna kuning dan hijau, selain bikin warna tempat ibadah terlihat cerah dan membuat orang beribadah maupun ziarah akan terasa nyaman, warna tersebut juga kebanyakan dipakai dan identik orang banjar (Suku Banjar-Red),” Ungkap Fathur Rahman Ketua DPC Laung Kuning Banjar Tala, Minggu (24/4/22) di sekretariat DPC Laung Kuning Banjar Tala, Simpang 4 sei.baru rt 17/03 Jalan A. Yani km.122(Toko Rajul) Kecamatan Jorong.

Ia berharap semoga dengan niat membantu tempat-tempat ibadah dan makam keramat kita semua, khususnya Laung Kuning Banjar mendapatkan keridhaan Allah SWT.

Fathur Rahman juga memberitahu bagi siapapun yang ingin bergabung di Laung Kuning Banjar dipersilahkan langsung datang ke sekretariat atau Markaz DPC Laung Kuning Banjar Tala.

“Tidak ada persyaratan khusus tuk bergabung, yang penting asli suku banjar.” Ujarnya.

“Di Markaz kita juga diadakan kegiatan latihan Kuntau dan ilmu-ilmu asli banjar, selain itu kita juga ada majlis taklim dan dzikir simak budaya yang hampir punah,”pungkasnya.

Sekedar informasi, Laung Kuning Banjar adalah suatu perkumpulan orang asli suku banjar, yang mana tujuannya melestarikan budaya-budaya banjar, seperti kuntau, japin, dzikir simak, sinoman hadrah dan lainnya.

Selain itu Laung Kuning Banjar juga melestarikan ritual-ritual banjar, seperti ba’ayun maulid, badudus, bamandi-mandi dan lain sebagainya. (Ben).

About Author