Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Baru Menjabat Sebagai Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito Kunjungi Tala, Ada Apa?

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Kalimantan Selatan Brigjen TNI Rudi Puruwito, S.E, didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 101 PD VI/Mulawarman serta Kasi Ren Korem, Kasi Intel, Kasi Ops Kasrem dan Kasi Log Kasrem melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala), Jum’at (25/3/2022).

Kedatangan orang nomor satu di Korem 101/ Antasari beserta rombongan disambut Bupati Tanah Laut HM Sukamta, Dandim 1009/Tala Letkol Inf M. Arlufti Noergroho serta Forkopimda Tala di gedung Sarantang Saruntung, Komplek Perkantoran Pelaihari.

Brigjen TNI Rudi Puruwito dalam kesempatan itu menyampaikan Kedatangannya ke Tala untuk bersilaturahmi sebagai penjabat baru Danrem 101/Antasari yang wilayahnya meliputi Kalimantan Selatan termasuk didalamnya Tanah Laut.

Pada kesempatan tersebut Rudi Puruwito juga menyampaikan bahwa dirinya selaku Danrem Antasari mempunyai tugas dan visi, dimana tugas dan visi membangun kebersamaan dengan pemerintah daerah Tala untuk bersama-sama melaksanakan pembinaan wilayah dan teritorial dalam rangka memajukan kemasyarakatan serta menjaga stabilitas pertahanan dan keamanan di wilayah Tanah Laut.

“Saya ketemu Bupati luar biasa, beliau waktu saya datang saya tidak menyangka itu pak Bupati, ternyata beliau sangat merakyat dan humble. Menyambut saya dengan luar biasa, dengan saya saja seperti ini apalagi dengan masyarakat sangat ramah, kehadirannya pasti ditunggu oleh masyarakat dan bisa memberikan harapan terutama dalam memajukan masyarakat yang tinggal di wilayah Tala,” ucap Danrem ke awak media usai ramah tamah dengan unsur Forkopimda Tala.

Dikesempatan yang sama Bupati Tala HM Sukamta mengucapkan terima kasih atas kedatangan Danrem 101/Antasari serta rombongan. Bupati mengharapkan support dari Danrem untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Tanah Laut.

Setelah melakukan kunjungan ke Pemkab Tala, Danrem 101/ Antasari melakukan kunjungan ke Makodim 1009/Tala. Kedatangan Danrem disambut dengan tarian adat Bali.

Sesampainya di Makodim Danrem langsung memberikan arahan internal. Dalam arahan internal tersebut yang pertama Danrem menyampaikan tugas dan tanggung jawab aparat kewilayahan.

Danrem mengatakan, Aparat kewilayahan itu harus tahu tugas dan tanggung jawabnya dalam rangka melaksanakan pembinaan teritorial. Pembinaan teritorial itu mengolah potensi wilayah menjadi kekuatan wilayah, sehingga berdampak pada stabilitas pertahanan dan keamanan, dalam pelaksanaan teritorial itu diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk menuju ke lebih sejahtera dengan mengoptimalkan potensi demografi kependudukan dan kondisi sosial yang meliputi ideologi masyarakat harus berpangku pada idelogi pancasila. 

Terus kemudian Danrem menyampaikan bagaimana stabilitas politik, karna negara kita negara demokrasi, masyarakat juga pasti berdemokrasi, tetapi masyarakat dalam melaksanakan giat politik juga harus tetap memegang persaudaraan.

Kemudian masalah ekonomi, lanjutnya, bagaimana mengoptimalkan yang lahan-lahan tidur dan potensi apa saja yang dimiliki oleh masyarakat sini, babinsa sebagai aparat kewilayahan harus bisa memberikan dorongan, kalau kemampuan itu tidak ada di babinsa artinya babinsa yang tidak ahli dibidang yang harus didorong maka tugasnya adalah berkomunikasi dengan ahlinya dari dinas dinas di Kabupaten sehingga bisa memberikan penyuluhan kepada masyarakat sehingga kemampuan masyarakat itu bisa terbina menjadi lebih baik.

Dibidang sosial budaya, dia juga menyampaikan ke babinsa juga harus menjaga kehidupan sosial budaya yang ada di masyarakat Tala.

Selain itu, pertahanan dan keamanan harus bisa menjaga stabilitas bahkan meningkatkan menjadi titik nol, sehingga tidak terjadi gangguan baik keamanan maupun yang menyangkut pertahanan.

Terakhir, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito menyampaikan bahwa prajurit harus bisa menjadi orang yang sukses, sukses dalam arti bisa mengelola apa yang sudah dicapai prajurit itu sendiri sehingga dia bisa menikmati dan mensyukuri nikmat yang ada dari Tuhan yang maha kuasa.

Diketahui, setelah melakukan kunjungan ke Pemkab Tala dan Makodim 1009/Tala, Danrem 101/Antasari serta rombongan melakukan kunjungan ke Mapolres Tala. (Ben)

About Author