Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Seluruh SKPD Diminta Tetap Fokus Wujudkan Tujuh Program Unggulan Dan ‘Desa Dibina Kota Ditata. 

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.-Bupati Tanah Laut (Tala) melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H Dahnial Kifli menginstruksikan jajarannya untuk tetap fokus dalam mewujudkan tujuh program unggulan Bupati dan Wakil Bupati.

Hal tersebut Ia sampaikan saat membuka Forum Group Discussion (FGD) Analisis dan Evaluasi Pencapaian atas Pelaksanaan Tujuh Program Unggulan dan Tag Line “Desa Dibina Kota Ditata”. FGD tersebut dilaksanakan di Aula Pencerahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tala, Rabu (15/12/2021). 

“Sudah tiga tahun berjalan pemerintahan Pak Kamta dan Pak Abdi sebagai Bupati dan Wakil Bupati kita. Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus tetap fokus dalam mewujudkan tujuh program unggulan, para camat juga memiliki tanggungjawab untuk memperhatikan bagaimana kualitas capaian tujuh program unggulan di lapangan”, ungkap Dahnial. 

Lebih lanjut Dahnial berpesan kepada para SKPD untuk tidak hanya fokus pada kuantitas dalam mewujudkan tujuh program unggulan. Ia menekankan seluruh pejabat terkait untuk turut memperhatikan kualitas kebermanfaatan program pada masyarakat. 

“Jangan hanya kejar target kuantitas program, kita juga harus pastikan kualitas program unggulan ini benar-benar bermanfaat untuk masyarakat dan tepat sasaran. Melalui FGD ini kita evaluasi bagaimana capaian tujuh program unggulan dan eksekusi kebijakan Desa Dibina Kota Ditata di lapangan, kita lihat program mana yang perlu akselerasi/percepatan dan mana yang perlu dimantapkan lagi”, imbuhnya. 

 

Untuk kembali diketahui, tujuh program unggulan tersebut adalah;

(1) Kredit tanpa agunan dan bunga 0% untuk pertanian, nelayan, perikanan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),

(2) Peningkatan alokasi dana pembangunan desa sebesar 50%,

(3) Dana kegiatan keagamaan dan sosial di setiap kecamatan dialokasikan minimal Rp. 1 miliar,

(4) Pelatihan tenaga kerja “Siap Kerja” minimal 500 orang per tahun,

(5) Pelayanan kesehatan oleh dokter/paramedis langsung ke rumah secara gratis,

(6) Peningkatan/pengaspalan minimal 85% jalan kabupaten,

(7) Menginap bersama masyarakat di 135 desa/kelurahan selama masa jabatan.

Dilansir dari data Bappeda Tala, pelaksanaan kegiatan SKPD yang berkaitan dengan tujuh program unggulan dan kebijakan Desa Dibina Kota Ditata secara mayoritas sudah memenuhi indikator target dan realisasi setiap tahunnya sejak tahun 2019.

FGD kali ini pun dilaksanakan untuk kembali mengevaluasi target dan capaian di tahun 2021 serta sebagai referensi untuk pelaksanaan di tahun-tahun selanjutnya. (Prokopim/Ben).

About Author