Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Sampaikan Tuntutan, Puluhan Warga Kecamatan Kintap Datangi Kantor Bupati.

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Puluhan warga dari Desa Kintap Pura dan Pandan Sari Kecamatan Kintap, mendatangi Kantor Bupati Tanah Laut, Kamis (27/1/22).

Kedatangan sejumlah masa tersebut dalam rangka mediasi dengan pihak PT Kintap Jaya Wattindo ( KJW) terkait penyelesaian masalah lahan.

Pertemuan digelar dilantai dua di Aula Barakat Kantor Sekretariat Daerah (Setda ) Tala. 

Mediasi dipimpin Hairul Rijal Asisten 1 Bidang Hukum dan Pemerintahan Setda Tala. Mediasi ini dihadiri perwakilan PT. KJW dan beberapa unsur Forkopimda Tala serta pihak-pihak yang terkait. 

Dalam mediasi tersebut beberapa orang angkat bicara dan menyampaikan tuntutan. Salah satunya Syahrun, Ia mewakili masyarakat menagih janji Bupati dan Kapolres Tala yang pernah dijanjikan 2 tahun lalu . Syahrun mengungkapkan pada tanggal 15 Januari 2020 saat melakukan pertemuan dengan warga Bupati dan Kapolres menjanjikan akan memberikan lahan seluas 275 hektare dari total luasan lahan yang dituntut warga Kintap 800 hektare.

Syahrun juga meminta kepada pihak PT. KJW kembalikan kawasan hutan produksi dan konservasi menjadi semula.

Selain itu, dalam tuntutannya perwakilan warga juga meminta kepada pihak PT. KJW supaya membebaskan warga mengambil berondolan atau limbah sawit yang jatuh di areal yang tidak ada izin HGU (Hak Guna Usaha). Menurut warga bagi perusahaan brondolan itu hama, tapi anugrah bagi mereka. 

Meskipun dalam mediasi tersebut sempat berjalan alot dan terjadi adu argumen diantara kedua belah pihak antara PT KJW dan perwakilan warga menghasilkan beberapa keputusan. Diantaranya disepakati adanya tim konflik pertanahan, masyarakat dan pihak PT. KJW tinjau lapangan pada hari Rabu tanggal 2 Februari 2022.

Demi menjaga kondusifitas Pemkab Tala juga meminta kepada pihak PT. KJW dan warga untuk tidak melakukan aktivitas dilahan 275 hektar yang diklaim warga. 

Hairul Rijal, ditemui usai mediasi mengatakan Pemerintah Daerah sangat mendukung penyelesaian permasalahan ini, “Karna ini merupakan fungsi pemerintah untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada di Kabupaten Tala,” ucapnya kepada media.

Dikesempatan yang sama, Syahrun perwakilan masyarakat Kintap berharap permasalahan ini cepat selesai dan PT KJW membangun kemitraan dengan masyarakat sekitar. (Ben)

About Author