Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Bupati Lepas Keberangkatan Peserta Lomba Safari Berburu Hama Babi Hutan. 

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Bertempat dihalaman lapangan Pertasi Kencana Pelaihari, Sebanyak 52 tim berasal dari berbagai kabupatan/kota di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dilepas keberangkatannya oleh Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta. 

Pelepasan ini ditandai dengan pengibaran bendera start sebagai tanda dimulainya lomba Safari Berburu Hama Babi Hutan. 

Perlombaan ini dalam rangka memperebutkan Piala Bupati Tala yang diinisiasi oleh Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Pengurus Kabupaten Tanah Laut (Tala), pada Jumat (28/1/2022).

Lomba yang berlangsung selama tiga hari dua malam terhitung sejak 28 hingga 30 Januari ini mempunyai beberapa lokasi yaitu hutan Asam-Asam Kecamatan Jorong, Salaman, Riam Adungan, Kintap dan Pasir Putih. 

Dalam perlombaan ini para pemburu hama babi hutan terbanyak akan mendapatkan hadiah juta rupiah yang telah disiapkan panitia penyelenggara.

Pemenang pertama akan meraih hadiah uang senilai Rp. 7 juta, juara kedua senilai Rp. 5 juta, juara ketiga Rp. 3,5 juta dan juara favorit akan mendapatkan hadiah 1 unit sepeda motor.

Bupati Tala HM Sukamta yang melepas secara resmi sebagai tanda dimulainya kegiatan ini dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Tala mendukung kegiatan positif yang telah digelar oleh Perbakin Pengurus Kabupaten Tala pada hari ini. 

Selain untuk menyalurkan hobi menembak, peserta juga membantu masyarakat dalam pengendalian hama babi hutan yang kerap merusak kebun dan lahan pertanian selama ini.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini secara tidak langsung mempunyai dampak positif bagi peserta maupun masyarakat,” terang Sukamta.

Pada kegiatan ini Sukamta juga berkesempatan untuk mempromosikan Kondang (Kopiah Tuntung Pandang) kepada Ketua Perbakin Provinsi Kalsel, Herman Chandra dan para peserta yang mana kopiah ini merupakan ciri khas Kabupaten Tala.

Kondang ini mempunyai filosofi tali ikatan yang membentuk urup hijaiyah serta terinspirasi dari dalil Alquran surat Al Imron Ayat 103 yang mana jika dipercayai para peserta dapat terhindar dari mara bahaya selama berburu di hutan karena selalu dilindungi oleh Allah SWT.

“Kondang ini dapat dipakai dalam saat apapun sehingga praktis dan secara tidak langsung membantu IKM (Industri Kecil Mengah) Tala perekonomiannya kembali bangkit,” ucapnya.

About Author