Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

PT Arutmin Indonesia Panen Perdana Kayu Putih Hasil Rehabilitasi DAS.

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- PT Arutmin Indonesia (AI) Panen perdana tanaman kayu putih dikawasan gunung batu Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari beberapa waktu lalu.

Tanaman kayu putih ini dari hasil rehabilitasi Daerah Aliran Sungai ( DAS) PT Arutmin Indonesia selama lima tahun tumbuh subur disekitar lereng gunung batu.

Adanya kayu putih selain bermanfaat ditanam dari sisi ekonomi, pengembangannya diyakini akan mampu bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Delma Azrin selaku Safety Health Environment Community manager (SHEC manager) PT Arutmin Indonesia mengatakan, panen perdana tanaman kayu putih itu dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022.

“PT Arutmin Indonesia menggelar acara panen perdana kayu putih dikawasan kerja rehabilitasi kritis hutan pada hari Rabu tanggal 8 Juni 2022 lalu,” ujarnya via telepon, Kamis (23/6).

“Ini salah satu kewajiban kami untuk menghijaukan kembali lahan kritis di gunung batu,” tambah Delma.

Delma mengungkapkan PT Arutmin Indonesia sudah beberapa kali melakukan penanaman jenis pohon lain yang diminta masyarakat seperti pohon Karet dan hasilnya tidak tumbuh dengan baik.

Kemudian kata Delma Azrin , diarahkan oleh pakar tanaman dari ULM Kehutanan jenis pohon kayu putih eucalyptus cocok ditanam gunung batu sudah lima tahun tumbuh tinggi sepanjang lima meter.

“Dipanen perdana kayu putih ini akan di olah dijadikan minyak kayu putih,”ucapnya.

Menurut SHEC manager PT AI ini, pohon kayu putih bisa menjadi nilai kemanfaatan untuk masyarakat setempat secara ekonomi.

“Tanaman kayu putih di gunung batu melibatkan kelompok tani sekitar, yang nantinya akan memelihara dan menjaga memanfaatkan hasilnya,” tutupnya.

Diketahui selain kegiatan panen perdana kayu putih PT Arutmin Indonesia melepas satwa burung untuk menjaga keanekaragaman hayati di lokasi gunung batu. (Ben)

About Author