Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Distanhorbun Tala Gelar Pelatihan Program YESS

 

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Tanah Laut (Tala) Menggelar Pelatihan Keuangan Bagi Kelompok Sasaran Youth Enterprenuership and Employment Support Service (YESS) 2022 bertempat di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Tambang Ulang, selasa (21/06/22).

Pembukaan pelatihan program YESS 2022 dibuka langsung oleh Bupati Tala H. M. Sukamta serta pemasangan rompi secara simbolis yang disaksikan juga oleh sepuluh kecamatan lainnya di balai penyuluhan pertanian di masing-masing kecamatan via zoom.

Bupati menyampaikan bahwa sekarang dunia sedang mengalami krisis energi dan pangan, sehingga hal ini adalah momentum untuk memaksimalkan potensi sebagai negeri agraris.

“Tala dikaruniai lahan yang luar biasa, untuk anak muda kita jangan takut untuk berwirausaha disektor pertanian, peluang kita cukup besar, tanah kita cukup subur, dan pemerintah memberikan support yang luar biasa, betapa besarnya keuntungan yang didapat baik dari hortikultura, tanaman pangan, perkebunan dan di peternakan” Kata Sukamta.

Kepala Distanhorbun Tala M. Faried Widyatmoko menyampaikan bahwa program YESS hadir dari kerjasama antara Kementrian Pertanaian dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) yang bertujuan menumbuhkan, meningkatkan minat para pemuda milenial untuk berwirausaha dibidang pertanaian.

“Jenis pelatihan yang akan dilaksanakan di Tala yaitu, Bisnis Motivation Pathways (BMP), Literasi keuangan, Proposal bisnis dan Start up. Dengan Tahap Pertama sebanyak 1480 orang dan dalam Perkembangannya Tala mendapat penambahan peserta sebanyak 1040 orang sehingga total menjadi 2520 orang, suatu kepercayaan yang kita anggap positif dari pemerintah pusat” Kata Faried.

Turut berhadir, penanggung jawab program YESS di Kalsel, Angga Tri Aditia Permana, S. Pd, M. Pd, Kadis Kominfo dan Forkopimcam Tambang Ulang. (Rill/Diskominfo)

About Author