Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Tala Bakal Miliki Kecamatan Baru, Pelaihari Berpotensi Dimekarkan

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Kecamatan Pelaihari menjadi salah satu wilayah paling berpotensi untuk dijadikan penambahan kecamatan baru karena jumlah penduduk dan luas wilayah telah memenuhi syarat untuk dilakukannya pemekaran wilayah.

Hal ini disampaikan Bupati Tanah Laut (Tala) yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tala, H Dahnial Kifli saat memimpin rapat Survey Perencanaan Pemekaran Kecamatan Pelaihari, Bati-Bati dan Jorong. Bertempat di Ruang Rapat Barakat Lantai II Sekretariat Daerah Kabupaten Tala. Senin (28/3/2022) siang. 


Sekda melanjutkan, pada awal perencanaan terdapat tiga opsi kecamatan yang akan dimekarkan.

Namun, dari hasil analisa pertemuan maka Kecamatan Pelaihari lah yang sangat berpotensi karena saat ini jumlah penduduknya mencapai 78 ribu jiwa dan telah memiliki lima kelurahan serta 15 desa, terkait dimana nanti akan ditetapkannya letak wilayah ibu kota kecamatan baru akan dikaji ulang pada pertemuan selanjutnya.

“Yang jelas syarat sebagai ibu kota kecamatan harus berstatus kelurahan, ini masih proses awal dan nanti akan kajian-kajian secara detail,” ucap Dahnial.

H Dahnial Kifli juga menyampaikan bahwa rencana tujuan dari pemekaran wilayah ini yaitu mendekatkan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat serta mengembangkan wilayah yang nantinya akan menjadi ibu kota kecamatan baru agar lebih berkembang seiring dengan kemajuan zaman.

Ia juga mengatakan bahwa lounching sekaligus proses administrasi pemekaran kecamatan baru tersebut direncanakan selesai pada tahun 2023 serta dilanjutkan dengan penyediaan sumber daya manusia dan sarana prasarana pada tahun 2024.

“Diharapkan pada tahun 2023 berkas administrasi terkait legalitas tentang kecamatan baru bisa mendapatkan persetujuan,” pungkas sekda.

(Prokopim/Ben)

About Author