Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Sosialita Bawa Tala Raih Penghargaan DIA, ini Kata Sukamta

JAKARTA, inspirasitala.co.id.- Kabupaten Tanah Laut (Tala) berhasil meraih penghargaan Digital Innovation Award (DIA) Tahun 2022 kategori Digital Innovation For Public Service dari MNC Portal Indonesia (MPI) bertempat di MNC Conference Hall Gedung Inews Tower Lantai 14 Jakarta, Kamis (31/3/2022) malam.

Keberhasilan Kabupaten Tala atas penghargaan ini tidak terlepas dari inovasi yang diciptakan Bupati Tala H. M. Sukamta bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala berupa platform belanja online (e-marketplace) lokal yaitu Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tanah Laut atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sosialita.

MPI menilai, Kabupaten Tala sukses menciptakan dan mengembangkan inovasi berbasis digital melalui kehadiran Sosialita. Bagi MPI, Sosialita sendiri menjadi sarana sosialisasi inovasi digital karya anak bangsa yang memiliki daya guna optimal bagi masyarakat.

Usai mengikuti ceremoni dan menerima langsung piala DIA, Sukamta mengatakan bahwa kehadiran Sosialita ini mampu menggerakan ekonomi masyarakat terutama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Oleh karena itu, Sosialita sebagai e-marketplace lokal sangat tepat bagi UMKM dalam menyediakan barang dan jasa.

“Aplikasi Sosialita yang sudah berjalan sejak 2020 ini menjadi sarana Pemkab Tala membelanjakan anggaran kepada UMKM di Tala. Maka, kehadiran Sosialita menjadi upaya pemerintah membantu UMKM agar terus berkembang,” ucap Sukamta.

Tidak lupa, Sukamta memberikan apresiasi kepada MPI yang menginisiasi penghargaan ini. Ia akui bahwa adanya penghargaan ini akan menjadi pemacu bagi Pemkab Tala dalam memperhatikan kemajuan UMKM di Tala.

“Ini tentu menambah semangat kami mendorong pertumbuhan UMKM kita. Memang saat ini aplikasi Sosialita hanya terbatas pada harga maksimal 50 juta rupiah. Makanya, kami tidak berhenti sampai di sini, kami sedang berjuang agar dapat tergabung di aplikasi LKPP sehingga bisa menyentuh nominal 200 juta. Dengan begitu, peningkatan ekonomi UMKM kita memiliki peluang jauh lebih besar,” lanjutnya.

Ia meyakini bahwa UMKM mampu menjadi pilar kebangkitan ekonomi di tengah badai krisis, sehingga kestabilan ekonomi semakin terjamin. Oleh karena itu, memajukan UMKM adalah hal mutlak yang harus diperjuangkan oleh Pemkab Tala seperti halnya melalui Sosialita.

(Disk Tla/Ben)

About Author