Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Selama Desember BINDA Kalsel Vaksin Pelajar Pada Sepuluh Lembaga Pendidikkan Di Tala.

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Dalam upaya mendukung program pemerintah untuk percepatan penanganan covid – 19 dan realisasi vaksin sehingga mencapai herd imunity di Bumi Tuntung Pandang.

Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Selatan ( Kalsel) kembali laksanakan vaksinasi di Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Kali ini, Binda Kalsel sasar santriwan-santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Adda Watuttammah, Desa Telaga Kecamatan Pelaihari, Kamis (23/12/21).

Vaksinasi Covid-19 yang digelar diPonpes Adda Watuttammah ini, bukan hanya di ikuti 150 Santriwan- Santriwati  tapi juga diikuti ratusan masyarakat setempat.

Ustadz Ahmad Bahruni selaku pengelola Ponpes Adda Watuttamah mengungkapkan, sangat mendukung kegiatan vaksinasi para pelajar. Berhubung masyarakat sekitar juga masih banyak yang belum vaksin, disertakan dengan kegiatan vaksin para pelajar ini.

“Pada intinya kita sangat mendukung adanya vaksinasi ini, kita ingin semua lapisan masyarakat, tokoh masyarakat bisa sejalan dengan kebijakan pemerintah kita , tentu semuanya punya niat dan maksud yang baik, jangan sampai kita terpengaruh dengan berita berita bohong, hoax atau segala macam terkait vaksinasi ini. Karna vaksinasi ini Tentunya mempunyai tujuan yang sangat mulia untuk menciptakan kekebalan pengguna, yang mana itu tentunya salah satu solusinya kita keluar dari pandemi covid 19,” ungkapnya.

Ketua Forum Komunikasi Madrasah Diniyah Takmiliah Kalsel ini berharap kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya para publik figur, tokoh masyarakat bisa ikut serta memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi covid – 19 untuk kemaslahatan kita bersama.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada BIN atas fasilitas yang disediakan, sehingga santri-santrinya dan masyarakat sekitar mendapat kemudahan untuk mendapatkan akses vaksinasi covid 19.

“Kami sangat mengapresiasi, terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada BIN atas kegiatan ini,” pungkasnya.

Vaksinasi massal ini bukan pertama kali digelar BIN Daerah Kalsel, dibulan Desember ini saja capai 5. 325 dosis dengan sasaran di 7 sekolah SLTP dan di 3 Ponpes.

Dan dalam rentang waktu bulan September – Desember mencapai 14. 450 dosis dengan menyasar kalangan masyarakat, khususnya lanjut usia (lansia) dan pelajar. 

Kepala BINDA Kalsel, Brigjen Pol Dr Heri Armanto, menyebutkan bahwa percepatan vaksinasi ini merupakan perintah Presiden RI dan Kepala BIN untuk percepatan herd imunity sehingga mencapai 70 persen, agar tercapai tercapai herd imunity di daerah.

“Diawal Desember tadi baru mencapai 37 persen, sekarang sudah mencapai 56,43 persen, artinya tidak sampai sebulan sudah ada banyak kemajuan. Disamping upaya Pemda, Instansi, pihak swasta serta Polri dan TNI, kita pun turut berpartisipasi untuk itu.” sebutnya.

Untuk sasaran utama kita sendiri adalah pelajar dan lansia, Kata Heri Armanto, sehingga mengharuskan kita keplosok-plosok desa mencari sasaran, karna disana banyak terdapat lansia. 

“Kenapa lansia dan pelajar, karna mereka adalah orang orang yang rentan terpapar virus covid-19,” jelasnya.

Untuk menghindari kerumunan dan penumpukkan peserta vaksin di fasilitas kesehatan, pihaknya berupaya mengadakan vaksinasi di sekolahan-sekolahan atau pun rumah kerumah.

Sekolah yang siswanya sedikit digabung dengan sekolah lain, dua sekolah satu pelaksanaan untuk memudahkan mobilisasi tenaga kesehatan.

Ini pihaknya lakukan kemaren kepada sekolah sekolah yang ada di kecamatan Batu Ampar. Seperti SMPN 2 gabung dengan SMPN 4, kemudian SMPN 3 gabung dengan SMPN 5.

“Dikarnakan jaraknya lumayan jauh, kita memfasilitasi angkutan untuk memobilisasi siswa, angkutan ini digunakan untuk mengangkut siswa ketempat pelaksanaan vaksinasi.” kata Jendral bintang satu ini.

“Ini salah satu upaya upaya kita melakukan percepatan vaksinasi selain mencari sasaran,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Tala, Antonius Jaka, mengucapkan terima kasih kepada Kepala BIN RI dan Kepala BINDA Kalsel dan Tim BIN yang ada di Tala. 

Berkat bantuan dari BIN untuk mempercepat pencapaian vaksinasi di Kabupaten Tala ini sudah bisa cukup tinggi mendongkrak untuk pencapaian terhadap pelajar, santri maupun masyarakat dalam vaksinasi covid-19 ini. 

Untuk posisi sekarang di Kabupaten Tala, Kata Jaka, sampai hari ini cakupannya sudah 56, 43 persen atau sekitar 153.000 penduduk tala yang sudah divaksin covid-19 ini. 

“Mudah-mudahan kita terus bersama dengan BIN sama-sama mencari sasaran, sehingga pelaksanaan vaksinasi ini sesuai dengan yang diharapkan dalam pencapaiannya diakhir tahun 2021 ini sebanyak 188.625 sasaran atau 70% dari sasaran yang anda,” harapnya. (Ben

About Author