Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Saat Gema Takbir Berkumandang, Bupati Keliling Kampung Temui Warga. Ada Apa?

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Banyak cara yang dilakukan untuk memberi makna pada malam Takbiran. Salah satunya dicontohkan Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta. 

Pada saat gema takbir berkumandang dimana-mana, Sukamta bersama Istri Hj. Nurul Hikmah Sukamta justru berkeliling kampung mendatangi sejumlah warganya yang pra sejahtera, Minggu (1/5/2022) malam.

Pertama, Sukamta mendatangi rumah Rahmah, Siti Rohimah dan Adlan di Desa Atu-Atu, ketiganya merupakan warga lanjut usia dan pra sejahtera di desa setempat. 

Kemudian bupati bertolak menuju Kelurahan Sarang Halang mendatangi kediaman keluarga Askia, dimana mereka adalah lima orang bersaudara yatim piatu yang beberapa bulan lalu ditinggalkan oleh sang ayah menghadap sang khalik.

Kedatangan Sukamta pun disambut haru oleh mereka dan lima bersaudara yatim piatu tersebut.

Sukamta mengaku, apa yang dilakukannya untuk memberi makna lain dari Takbiran dan Hari Raya Idul Fitri.

“Bahwa kalimat takbir itu akan lebih terasa agung jika kita yang mengucapkannya juga punya kepekaaan sosial yang tinggi. Sehingga, takbiran itu tak hanya berhenti pada makna yang berdimensi ritual saja. Lebih dari itu takbiran dan Idul Fitri harus bermakna sosial,”ujarnya.

Menurutnya atas dasar itulah, Ia memilih keliling kampung pada malam takbiran itu, lebih karena ingin memastikan, bahwa pada malam Idul Fitri itu tak ada warganya yang tak punya makanan untuk dimasak seperti beras dan makanan lainnya.

“Saya merasa hampa dan hambar jika pada malam takbiran dimana kalimat agung Allahu Akbar itu berkumandang, tapi ada tetangga, saudara dan warga yang besoknya mau merayakan idul fitri tapi tak punya beras di dapurnya, apalagi daging,” katanya.

Bagi Sukamta, Idul Fitri yang sering dimaknai sebagai hari kemenangan itu, harus berlaku untuk semua warga, jangan hanya milik warga tertentu saja yang menang.

“Itu artinya, bagaimana pada malam idul fitri itu, semua warga harus berada dalam kegembiraan sebagai kemenangan telah berhasil puasa selama kurang lebih sebulan,”pungkasnya.

(Prokopim/Ben)

About Author