Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Puluhan Pengendara Roda Dua dan Empat Diberhentikan Petugas di Jalur Rest Area Gunung Kayangan.

 

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tanah Laut (Tala) melakukan Kegiatan Tertib dan Keselamatan LLAJ, Uji Petik Kendaraan Bermotor, Ramp Check, hingga Yustisi bersama petugas gabungan terdiri dari unsur TNI-POLRI, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD, hingga BNNK Tala di Jalan A. Yani Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari. Sabtu (30/4/2022).

Kegiatan menyasar pengguna jalan yang melintas pada jalur rest area Gunung Kayangan arah Banjarmasin ke Pelaihari. 

Tampak, terlihat puluhan pengendara roda 2 dan 4 diberhentikan petugas untuk dilakukan pemeriksaan. kegiatan ini guna mengantisipasi beragam tindakan kejahatan maupun kelengkapan surat kendaraan bermotor hingga soal kesehatan pengendara. 

Kepala Dishub Tala, Gentry Yulianto memaparkan jelang Idulfitri sekaligus memasuki masa libur panjang, situasi lalu lintas pada jalur-jalur mudik menjadi perhatian seluruh tim gabungan.

Ia ingin memahamkan kepada masyarakat bahwa kegiatan seperti ini justru demi kebaikan untuk diri sendiri, keluarga hingga seluruh pengguna jalan lainnya. 

“Kita antisipasi peningkatan kasus kejahatan selama memasuki masa libur panjang. Kemungkinan dari luar daerah banyak yang berdatangan ke Tala baik mudik hingga berwisata. Kita ingin kondisi kesehatan pengguna jalan hingga kendaraan yang digunakan tidak berpotensi menimbulkan bahaya. Jadi, inilah bentuk pelayanan kami kepada masyarakat,” ujarnya.

Gentry menghimbau kepada masyarakat yang akan bepergian menggunakan kendaraan pribadi agar dapat lebih teliti melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kendaraan yang akan digunakan. Ia juga menegaskan akan melakukan tindakan bagi masyarakat yang nekat menggunakan mobil barang untuk menampung penumpang.

“Jangan pernah menggunakan kendaraan barang untuk membawa penumpang. Itu sangat berbahaya. Gunakanlah angkutan umum,” tegasnya.

Soal wisata, Gentry menyadari bahwa Tala yang memiliki daya tarik bagi wisatawan ini kemungkinan akan kedatangan banyak pengunjung selama libur panjang.

Ia pun berpesan agar wisatawan dapat memanfaatkan momen libur panjang dengan tidak memilih waktu berwisata pada akhir pekan.

“Jangan menumpuk pada hari Sabtu dan Minggu. Cari waktu yang pas agar terhindar dari kepadatan dan kemacetan,” pesannya.

Pada kegiatan ini, petugas gabungan memberikan tindakan kepada pengguna jalan yang kedapatan tidak memiliki kelengkapan surat berkendara.

Selain itu, dilakukan juga pemberian vaksin baik itu vaksin pertama, kedua hingga booster. Petugas juga melakukan tes urine secara acak guna memastikan pengendara tidak dalam pengaruh alkohol maupun obat-obatan terlarang.

About Author