Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Pelaku IKM Asal Desa Sungai Bakar Rasakan Manfaat Pelatihan.

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id – Para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) asal Desa Sungai Bakar rasakan manfaat kegiatan Pelatihan Pengemasan Produk dari Program Limitless PMI Kabupaten Tanah Laut (Tala) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tala di Aula GOR Desa Sungai Bakar, Kecamatan Bajuin. Senin (24/1/2022).

Mahdiani, pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Madu Kelulut di Desa Sungai Bakar, mengaku telah terinspirasi berkat adanya pelatihan kali ini.

Melalui pelatihan ia menjadi mengetahui tips memilih wadah produk menjadi lebih higienis agar lebih dipercaya oleh konsumen.

“Ini sangat bermanfaat sekali, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemasaran produk kami jadi lebih luas,” ujarnya.

Usaha rintisan masyarakat yang berada di daerah pariwisata dianggap potensial untuk dikembangkan sehingga mampu berdampak baik untuk pemulihan ekonomi dan komunitas lokal, khususnya selama masa Pandemi Covid-19. Potensi inilah yang dilirik oleh PMI Tala untuk meneruskan program skala internasional yaitu limitless.

Program limitless menjadi salah satu program dari Komite Internasional Palang Merah atau dikenal dengan ICRC yang didelegasikan kepada pemuda terpilih dari setiap PMI. 

PMI Tala menjadi satu dari 9 delegasi yang lolos dari indonesia. Sedangkan tingkat dunia, saat ini sudah ada 500 delegasi yang dinyatakan lolos untuk menggelar aksi melawan pandemi melalui gerakan sosial.

Kepala PMI Tala yang diwakili oleh Sekretaris PMI Tala, Ardiansyah, menyebutkan bahwa kegiatan yang dipilih dari PMI Tala tersebut  berfokus pada pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 khusus di wilayah objek wisata. Wilayah yang dekat dengan Objek Wisata Air Terjun Bajuin pun dipilih dari beberapa lokasi wisata di Tala.

“Semoga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan produk-produk khasnya,” harapnya.

Dukungan dari beberapa pihak juga hadir dalam program tersebut diantaranya dari Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Tala, Dinas Pariwisata Tala, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tala.

Disampaikan juga oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Tala yang diwakili Nurmaya Savitri selaku Kepala Bidang Disnakerind Tala, bahwa pihaknya akan mendampingi pelaku IKM di Desa Sungai Bakar mulai dari pengolahan produk sampai dengan pemasarannya. 

“Dengan pelatihan ini semoga kemasan dan labelling mereka sudah sesuai dengan kaidah-kaidah, sehingga produknya bisa lebih dikenal lagi,” ujarnya.

Sementara itu, disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Tala yang diwakili oleh Kepala Bidang Sumber Daya Manusia dan Ekonomi Kreatif Dispar Tala, Rozani Fitri bahwa pihaknya akan mendampingi melalui program ekonomi kreatif yang akan membantu mempromosikan produk olahan warga setempat.

“Ini kesempatan besar agar warga bisa kreatif mengolah produk, tidak menutup kemungkinan nanti produknya akan ditawarkan di tempat wisata khususnya di Wisata Air Terjun Bajuin,” ujarnya.

Pelatihan yang diikuti oleh 20 peserta pelaku IKM tersebut turut menghadirkan narasumber untuk materi pengemasan produk. Turut berhadir dalam giat tersebut perwakilan Camat Bajuin dan Kepala Desa Sungai Bakar. (Disk Tla/Ben).

About Author