Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Marsudi, Praktisi Pemilu Yang Produktif Menulis.

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Menulis bagi “founding father” kita adalah suatu hal yang menjadi aktivitas kesehariannya. Segala ide dan gagasan mereka tentang Indonesia selalu dituangkan dalam coretan-coretan penanya.

Katakanlah Bapak Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Bung Karno dan Bung Hatta. Sudah sangat akrab dengan aktivitas menulis sejak usia muda.

Ketika Bung Karno ditahan di Sukamiskin Bandung, beliau menulis sebuah buku yang sangat fenomenal “Di Bawah Bendera Revolusi”, sementara ketika Bung Hatta di tahan penjajah belanda di penjara Boven Digul Irian, Ia menulis buku “Mendayung Antara Dua Karang”.

Tujuan “Founding Father” menuliskan gagasan dan idenya adalah agar bangsa indonesia ke depan harus menjadi lebih baik.

Itulah yang menjadi motivasi bagi salah satu tokoh publik Tanah Laut, Marsudi Bin Anang Runi yang selalu menyempatkan waktunya untuk menulis ditengah-tengah kesibukannya.

Marsudi adalah Praktisi Pemilu yang hari ini diamanahkan menjadi Komisioner Bawaslu Kabupaten Tanah Laut

Ia lahir di sebuah desa yang bernama Desa Bentok Darat, sebuah desa yang telak paling ujung di Kecamatan Bati-Bati pada tanggal 10 Agustus 1984.

Marsudi aktif menulis sejak masih mahasiswa, terutama berkaitan dengan persoalan yang sedang berkembang di masyarakat baik itu politik, hukum, sosial serta kepemiluan.

Adapun tentang Kepemiluan yang pernah dipublikasikan atau diterbitkan oleh Media Cetak lokal yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan adalah sebagai berikut:

– Membumikan Pemilu Kepala Daerah, terbit di Radar Banjarmasin, 19 Maret 2010.

– Penguatan Kelembagaan dan SDM Pengawas Pemilu, terbit di Banjarmasin Post, 8 November 2016.

– Penguatan Kapasitas Kelembagaan dan SDM Pengawas Pemilu, terbit di Media Kalimantan, 8 November 2016.

– Menjaga Gawang Netralitas PNS, terbit di Media Kalimantan, 24 November 2016.

– Potensi Konflik Nomenklatur Kepala Dengan Ketua (Sebuah Kado HUT Ke-13 Bawaslu RI), terbit di Banjarmasin Post tanggal 10 April 2021.

– 3 Tahun Bawaslu Kabupaten/Kota Mengawal Demokrasi? (sebuah kado HUT ke 3 Bawaslu Kabupaten/Kota), terbit di Radar Banjarmasin, 16 Agustus 2021.

– Insan Pengawas Pemilu Berprestasi, Siapa Takut Berkompetisi?, terbit di Radar Banjarmasin, 31 Agustus 2021.

Sementara tulisan-tulisan yang sifatnya umum tidak kurang dari puluhan tulisan yang sudah diterbitkan di berbagai media cetak maupun elektronik

Selain itu, Marsudi telah menerbitkan buku pertamanya yang berjudul “Membangun SDM Insan Pengawas Pemilihan Yang Berkualitas dan Berintegritas”, cetakan pertama, April 2021, Penerbit Artika Banjarmasin.

Menurutnya, Kesadaran literasi masyarakat hari ini sangat rendah, sehingga menjadi salah satu motovasi tersendiri baginya membangun kesadaran literasi diantaranya berkenaan dengan kepemiluan. (AF)

About Author