Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Kamta : Gema Alquran Tala Menggema Sampai ke Internasional

𝗧𝗔𝗡𝗔𝗛 𝗟𝗔𝗨𝗧, 𝗶𝗻𝘀𝗽𝗶𝗿𝗮𝘀𝗶𝘁𝗮𝗹𝗮.𝗰𝗼.𝗶𝗱 -Keterlibatan peserta dari mancanegara pada pelaksanaan Gema Alquran di Kabupaten Tanah Laut (Tala) tahun ini menambah kesan acara tersebut menggema sampai level internasional.

“Ini pertama kali bagi kami melaksanakan Gema Alquran ke-3 di Tala yang juga diikuti oleh peserta dari 8 negara termasuk Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Pakistan, India, Singapura, Thailand dan Iran. Hari ini gema Alquran bukan hanya untuk tingkat provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), namun juga gemanya sudah sampai ke internasional”, ungkap Sukamta saat membuka secara resmi acara Gema Alquran Tala 2023 sekaligus MTQ Internasional ke-4 dan MTQ Nasional ke-9 Jamiyyatul Qurra’ wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQH-NU) di Halaman Pertasi Kencana Pelaihari, Selasa (5/9/2023).

Sukamta menambahkan, acara tersebut bisa terlaksana atas kerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala dengan organisasi qari-qari’ah, hafidz-hafidzah nasional yang bernaung dibawah organisasi besar Nahdlatul Ulama (NU) yaitu JQH-NU.

“Kegiatan ini adalah kolaborasi Pemkab Tala dengan JQH-NU. Oleh karena itu kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus JQH-NU pusat yang telah mempercayakan kami memadukan acara Gema Alquran tala dengan MTQ Internasional JQH-NU. Semoga tahun depan kerjasama ini bisa kembali kita laksanakan demi meningkatkan semangat dan budaya membaca Alquran”, tambahnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Gema Alquran sekaligus MTQ Nasional dan MTQ Internasional JQH-NU di Tala dilaksanakan mulai tanggal 5 s.d. 7 September 2023. 

Turut hadir pada acara pembukaan Staf Ahli Kejaksaan Agung RI Dr Masyhudi MH, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel Dr MukrI SH, Staf Ahli Gubernur Kalsel Sulkan, Ketua JQH-NU Pusat KH Saifullah Ma’shum, Wakil Walikota Banjarbaru Wartono, para perwakilan kepala daerah se-Kalsel, forkopimda Tala, para kepala SKPD Tala, para dewan hakim Gema Alquran dan MTQ, para kafilah dan KH Fikri Haikal MZ selalu penceramah. (Prokopim/Inspirasi Tala) 

About Author