Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

KaKanwil Kemenkumham Minta Dukungan Pembangunan Lapas Terbuka Di Tala Ke Bupati

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Kepala Kantor Wilayah dan Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan (Kalsel), Lilik Sujandi beserta Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas IIB Pelaihari Rahmad Pijati melakukan kunjungan ke kediaman Bupati Tanah Laut (Tala) pada Sabtu(11/06/22).

Kedatangan Kakanwil dan jajaran dalam rangka silaturahmi ini disambut baik oleh Bupati Tala HM Sukamta.

Dalam silaturahmi ini, Kepala Kantor Wilayah, Lilik Sujandi menyampaikan terimakasihnya atas sinergistias yang telah dibangun antara Pemerintah Daerah Tala dengan Kemenkumham Kalsel khususnya Rutan Kelas IIB Pelaihari yang telah menerima hibah bangunan blok hunian baru dari Pemda Tala.

“Penambahan blok hunian baru tentunya sangat membantu dalam penanganan over kapasitas yang terjadi di Rutan Pelaihari sehingga dapat meminimalisir resiko terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban serta memaksimalkan kegiatan program pembinaan warga binaan”, ungkap Kakanwil.

Pada kesempatan ini juga, Kakanwil beserta jajaran bersama Bupati Tala melakukan pembahasan terkait sebidang tanah milik Rutan Kelas IIB Pelaihari yang berlokasi di Jalan Taqwa Kecamatan yang saat ini statusnya dipinjamkan kepada Yayasan Pesantren Syuhada untuk kegiatan kegamaan di wilayah Pelaihari.

Lebih lanjut, Kakanwil juga meminta dukungan dan bantuan dari Pemda Tala mengenai tanah yang rencananya akan dibangun Lapas Terbuka di Tanah Laut.

“Lapas Terbuka bertujuan untuk mempersiapkan narapidana yang melaksanakan proses reintegrasi sosial. Untuk wilayah Kalsel bahkan di Pulau Kalimantan, masih belum ada Lapas Terbuka. Harapan kita, di Tanah Laut bisa berdiri Lapas Terbuka”, ujar Lilik.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Tanah Laut, H. Sukamta merespon baik apa yang disampaikan oleh Kakanwil dan Jajaran.

Ia juga menyampaikan terimakasihnya kepada Jajaran Kemenkumham Kalsel atas kerjasamanya yang dibangun serta akan segera menindaklanjuti dan berupaya mewujudkan hal-hal yang dimaksud.

About Author