Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Hairul Petani Melon Asal Tala Wakili Kalsel Pemilihan 15 Young Ambassador

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Hairul Efendi, pemuda asal Desa Ujung Batu Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut (Tala) berhasil masuk Nominasi Young Ambassador sebagai Duta Petani Melon Tala yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI sebagai perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel) dan akan bersaing dengan 27 peserta lainnya dari seluruh Indonesia untuk menentukan 15 besar.

Hairul merupakan penerima manfaat program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS) Programme dari Kementan RI. 

Ia telah menggunakan dana yang didapatkan untuk melakukan budidaya melon yang dianggapnya lebih stabil dari pada jenis buah yang lain. Pada Februari 2022 lalu, hasil panen melon yang memuaskan mengantarkan dirinya masuk nominasi tersebut. 

Kabid Hortikultara pada Dinas Tanaman Pangan , Hortikultura dan perkebunan (Distanhorbun) Tala Al Jamaludin Malik menyampaikan kegiatan Kementan RI ini bertujuan dalam rangka meningkatkan petani millenial. 

“Kegiatan ini merupakan program unggulan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan RI guna meningkatkan khususnya petani milenial, sehingga lahirlah program ambassador khusus untuk program YESS ini,” ujarnya usai memberikan bimbingan langsung di lokasi budidaya, Kamis (19/05/2022).

Pemilihan 15 Young Ambassador ini dilaksanakan secara voting. Hairul turut menghimbau dan meminta dukungan kepada seluruh masyarakat khususnya Tala. 

“Saya mengharapkan dukungan masyarakat Tala untuk memvote foto saya di Instagram (IG) @yessprogramme, @pusatpendidikanpertanian dengan cara follow IG @yessprogramme dan @pusatpendidikanpertanian lalu like dan komen,” pungkasnya. (Diskominfo) 

About Author