Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Gelaran MTQN ke 44 Tanah Laut Resmi Dibuka

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke 44 tingkat Kabupaten Tanah Laut (Tala) secara resmi dibuka oleh Bupati Tala H. M. Sukamta pada Jum’at sore (157/22) bertempat di Lapangan Sepak Bola Tumenggung Sutun Desa Padang Kecamatan Bati-Bati 

Pemukulan beduk oleh bupati menjadi pertanda dimulainya kegiatan MTQN ke 44 kali ini.

Mengangkat tema “Barakat Al-Qur’an Generasi Tanah Laut Baiman”, bupati dalam sambutannya berharap MTQN kali ini dapat menjadikan generasi muda Tala semakin mencintai Al-Qur’an dan mengamalkannya pada kehidupan sehari-hari.

“Tema ini mengandung makna bahwa dengan mengamalkan Al-Qur’an maka generasi Tala menjadi generasi yang beriman kepada Allah SWT, tema ini juga mengajak kita untuk terus giat membangun Tala dengan menjunjung Al-Qur’an sebagai pedoman kita. Kita terus upayakan agar generasi muda di Tala mencintai Al-Qur’an, rutin melaksanakan MTQ ini adalah salah satu usaha kita agar generasi Al-Qur’an terus terjaga di Bumi Tuntung Pandang,” kata bupati.

Bupati menginginkan semangat membaca Al-Qur’an kembali digalakkan bahkan mulai dari tingkat keluarga. Ia tidak ingin kegiatan rutin seperti MTQN ini hanya sekedar acara seremonial saja sehingga benar-benar dilakukan pembinaan sehingga menghasilkan kafilah yang dapat diandalkan.

“Saya berharap pada setiap kecamatan ada pusat-pusat pengembangan seni baca Al-Qur’an dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. Pengembangan seni baca Al-Qur’an ini harus dilaksanakan secara terus menerus, bukan hanya saat akan MTQ saja, sehingga qori dan qoriah yang dihasilkan benar-benar berkualitas,” harapnya.

Terakhir, bupati memberikan semangat kepada semua kafilah yang akan berlomba pada MTQN ke 44 tingkat Kabupaten Tala. Ia juga mengingatkan agar semua kafilah menjaga sportivitas dalam bertanding.

“Selamat bertanding semoga menjadi yang terbaik, tunjukkan kemampuan semaksimal mungkin. Bertandinglah atas dasar sportivitas , kebersamaan dan ukhuwah islamiah. Jadikan MTQ ini sebagai media mengembangkan syiar Islam,” pungkas bupati.

MTQN ke 44 tingkat Kabupaten Tala digelar sejak 15 Juli sampai dengan 17 Juli 2022 di Kecamatan Bati-Bati dengan melibatkan 90 dewan hakim dan melombakan 12 cabang lomba, diantaranya Tilawah Al-Qur’an Golongan Dewasa, Golongan Remaja, Golongan Anak-anak, Golongan Murottal, Qira’at Sab’ah, Tahfidz 1, 5, 10, 20 dan 30 Juzz, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Kaligrafi, Tafsir Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Makalah Al Qur’an, dan Tahfizul Hadits Seratus dan Lima Ratus Hadits.

Jumlah kafilah dan rombongan yang mewakili masing-masing kecamatan dari 11 kecamatan berjumlah 645 orang dan Kecamatan Pelaihari dengan total kafilah dan rombongan terbanyak yakni 89 orang.

Turut berhadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tala, Ketua Pengadilan Negeri Pelaihari, Kepala Kantor Kementerian Agama Tala, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Tala, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tala, Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tala, Seluruh Camat se Kabupaten Tala, Tokoh Agama, dan seluruh dewan hakim MTQN.

About Author