Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Drainase Mampet Air Meluap, Warga Keluhkan Bau Busuk.

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Drainase atau saluran air di jalan Gembira, Kawasan Kota Pelaihari keluarkan bau tidak sedap.

Hal itu dikeluhkan warga sekitar. Warga meyakini bahwa bau tidak sedap tersebut berasal dari  limbah sampah dalam bak (Bak sampah) Pasar sayur yang tidak jauh dari lokasi tersebut.

“Baunya cukup menyengat, bau itu berasal dari limbah pasar sayur yang menggenang disaluran drainase itu, “kata H Ahmad, Minggu malam (6/3/22).

Disaat hujan, akibat drainase mampet air selokan naik meluap kejalan raya, baunya busuk sekali. Bahkan tak jarang, kata warga lain, akibat seringnya air meluap kejalan mengakibatkan jalan menjadi licin sehingga menyebabkan pengendara yang melintas terjatuh.

H Ahmad meminta kepada pihak terkait agar segera memperbaiki saluran air atau drainasenya. 

“Tolong segera diatasi biar baik drainasenya sehingga tidak lagi menimbulkan bau busuk dan air tidak meluap kejalan,”pintanya.

Kepala Bidang Tata Kota Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Tanah Laut (Tala) Gusti Erzandi mengatakan, drainase dijalur tersebut sudah beberapa kali pihaknya bersihkan, tapi menurutnya, biar besar seperti apapun kalau pasar masih membuang sampah kedrainasenya pasti mampet.

“Jadi ini sebenarnya perlu bantuan pengawasan warga juga untuk kelancaran drainase,” ucapnya saat dikonfirmasi via seluler, Senin (7/3).

“Tapi nanti tetap pihaknya rapatkan lagi dengan UPT kebersihan dan kawan- kawan di bagian Cipta Karya,” tambah Erzan.

Sementara itu, Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DPRKPLH Tala Adi Rahmani mengungkapkan, adanya informasi atau pengaduan yang disampaikan ke DPRKPLH akan dilakukan verifikasi lapangan untuk diidentifikasi permasalahan yang memberikan dampak terhadap lingkungan.

“Bersama pihak terkait diupayakan mencari solusi terhadap permasalahan tersebut,”ungkapnya. (Ben)

About Author