Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Dinkes Tala Dorong UMKM Miliki Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.-  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Laut (Tala) berkomitmen mendorong setiap UMKM di Tala agar memiliki sertifikat penyuluhan keamanan pangan. Sebab, sertifikat ini menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki UMKM dalam mengurus izin Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) nantinya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Tala, Yuliansyah menjelaskan bahwa keberadaan sertifikat ini sangat penting bagi setiap UMKM. Sebab, ini menjadi bukti bahwa produk yang dihasilkan sesuai standar.

“Sertifikat ini menjadi satu dari 12 syarat yang harus dipenuhi guna mendapatkan nomor P-IRT dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Adanya sertifikat ini menandakan bahwa produk UMKM sudah sesuai standar kesehatan dan keamanan pangan,” ujar Yuli saat dikonfirmasi Rabu (25/5/2022).

Dinkes Tala semakin memperkuat dorongan terhadap UMKM dalam memperoleh sertifikat tersebut dengan mengadakan kegiatan Pelatihan Penyuluhan Keamanan Pangan di Aula Dinkes Tala tidak lama ini. 

Narasumber yang dihadirkan pada pelatihan tersebut diantaranya dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Banjarmasin serta Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) Tala.

Salah seorang peserta pelatihan yang juga pelaku UMKM dengan produk berupa Kecap Manis Kelulut, Firdaus Hary, mengaku banyak mendapat wawasan baru usai mengikuti pelatihan tersebut.

“Penyampaian materi yang cukup jelas. Tentu kami berharap sepulang dari pelatihan ini, akan berupaya memperbaiki kekurangan yang ada pada produk-produk kami,” ujar Firdaus.

Diharapkan, pelaku UMKM terutama bagi mereka yang sudah mengikuti pelatihan tersebut agar lebih proaktif dalam mengajukan pembuatan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) yang tercantum nomor P-IRT di dalamnya. Dengan memiliki nomor P-IRT, semakin mempermudah sebuah produk untuk diperdagangkan di pasar-pasar modern. (Diskominfo)

About Author