Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Bupati Tekankan Tiga Aspek Besar Yang Harus Diperhatikan Penanganan Stunting 

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta menekankan tiga aspek besar yang harus diperhatikan dalam penanganan stunting di Tala yaitu, usia pranikah/remaja, ibu hamil dan 1000 hari kehidupan awal bayi.

Hal tersebut Ia sampaikan dalam arahannya pada Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting Tala di Ruang Barakat Setda Tala, Kamis (14/4/2022). 

“Usia pranikah/remaja perlu diberikan pemahaman bahwa menikah dibawah umur dan melahirkan sebelum usia subur berpotensi melahirkan generasi stunting. Dua aspek lainnya adalah ibu hamil dan 1000 hari kehidupan awal bayi, dua aspek ini juga tidak kalah penting, karena apabila nutrisi dan gizi ibu dan bayi tidak terpenuhi, maka potensi generasi stunting bisa terjadi”, ungkap Sukamta. 

Sukamta menegaskan jajarannya untuk lebih serius lagi dalam mencegah terjadinya peningkatan angka stunting di masa depan. Hal tersebut selaras dengan arahan oemerintah pusat untuk menyiapkan generasi berkualitas menuju 100 tahun Indonesia merdeka di tahun 2045. 

“Ini adalah skenario besar kita menghadapi bonus demografi di tahun 2045 mendatang. Harus kita persiapkan dari sekarang. Kita ingin negara ini khususnya Bumi Tuntung Pandang memiliki generasi produktif yang berkualitas, tidak stunting dan berani berkompetisi di 100 tahun Indonesia merdeka tahun 2045 mendatang”, tambahnya. 

Untuk menyukseskan upaya tersebut, Sukamta meminta jajarannya untuk melaksanakan tugas penanganan stunting dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.

Tugas tersebut diantaranya adalah terkait pendataan dan peningkatan pelayanan kesehatan. 

“Dinas terkait bersama pemerintah desa harus aktif mendata warganya yang melakukan pernikahan usia dini, data ibu hamil dan data kelahiran. Data tersebut adalah referensi kita untuk melakukan langkah selanjutnya apabila ada keluarga yang berpotensi melahirkan anak stunting”, pungkasnya. 

Hadir pada rapat tersebut Tim Percepatan Penurunan Stunting Tala dari unsur Forkopimda, Sekda Tala H Dahnial Kifli, para kepala SKPD, para camat dan pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Tala.

*Prokopim/Ben

About Author