Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Bupati Tala Mengajak Perbanyak Sedekah Pada 10 Hari Kedua Ramadan 

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Memasuki 10 hari kedua di bulan ramadan, Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta mengajak seluruh umat muslim untuk kembali memperbanyak sedekah disamping ibadah-ibadah wajib lainnya.

Hal tersebut Ia sampaikan dalam tausiahnya pada Kuliah Subuh Ramadan di Masjid Besar Al Manar Pelaihari, Selasa (12/4/2022). 

 

“Saat ini kita mulai memasuki masa 10 hari kedua ramadan, 10 hari yang penuh ampunan dan salah satu amalan yang bisa mendekatkan kita dengan ampunan Allah SWT adalah sedekah. Mari perbanyak sedekah sesuai kemampuan, baik saat lapang atau sempit. Jangan tunggu kaya atau memiliki jabatan dulu baru sedekah”, ajak Sukamta. 

 

Mengutip salah satu ayat Al Qur’an, Bupati Sukamta kembali mengingatkan betapa besarnya manfaat dari sedekah. Menurutnya mengeluarkan sedekah memang salah satu ibadah yang sangat berat dibanding ibadah lainnya. 

 

“Yang namanya mengeluarkan infaq sedekah itu memang berat, bukan di angka nominalnya, namun hati dan keikhlasan kita yang Allah SWT uji karena salah satu ciri orang yang bertakwa adalah ringan hati mengeluarkan sedekah. Begitu besarnya pahala sedekah, sampai-sampai penyesalan utama orang yang mati ingin hidup kembali dan memperbanyak amal sedekah. Pesan ini sudah Allah SWT sampaikan dengan jelas di Surah Al Munafiqun ayat 10”, tambah Sukamta. 

 

Lebih lanjut Sukamta mengajak seluruh umat muslim untuk introspeksi diri, bersyukur dan benar-benar memanfaatkan bulan ramadan ini sebagai momentum perbaikan diri kearah yang lebih baik, khususnya memperbanyak ibadah di tiga bagian waktu bulan ramadan. 

 

“10 hari pertama ramadan diawali dengan limpahan rahmat, 10 hari kedua penuh dengan magfirah atau ampunan dan 10 hari ketiga adalah pembebasan dari api neraka. Mari kita manfaatkan ramadan kali ini dengan lebih memperbanyak amal dan meningkatkan ketakwaan kita, seolah-olah ini adalah ramadan terakhir kita”, pungkasnya. 

(Prokopim/Ben) 

About Author