Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Bupati Instruksikan Vaksinasi Door To Door

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tanah Laut (Tala) mengalami peningkatan yang cukup drastis, terbukti pagi hingga malam ini (28/12/2021) mencapai 7120 dosis atau 63.98% jumlah penduduk, atau naik sekitar 2% pada hari sebelumnya yang hanya diangka 61%.

Hal ini disampaikan Bupati Tala HM Sukamta, saat melakukan Rapat Evaluasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 melalui zoom meeting di Ruang VIP kediaman Bupati Tala.

Pada kesempatan ini, Sukamta menginstruksikan kepada seluruh camat, Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Kapus), Bhabinkantibmas dan Babinsa untuk tidak menunggu masyarakat datang ke tempat penyelenggaraan vaksin. Akan tetapi, bisa langsung datang ke rumah-rumah (door to door) maupun pusat keramaian seperti pasar pagi dan malam.

Dirinya ingin pada sisa waktu yang masih ada bisa semaksimal mungkin agar mencapat target pemerintah pusat yang mengharuskan 70% diakhir tahun ini.

“Saya ingin para camat untuk memetakan daerah mana saja yang belum dilakukan vaksinasi, kalau perlu bikin data per RT sehingga memudahkan petugas dalam melakukan vaksinasi,” ucap Kamta.

Ia juga menegaskan kepada para kepala desa (Kades) untuk ikut berkerjasama dalam mengajak masyarakat yang tidak mau divaksin. Ia juga mengingatkan jika pada akhir tahun ini ada desa yang tidak mencapat target 70% maka Anggaran Dana Desa (ADD) tidak disalurkan hingga desa tersebut berhasil mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Besokkan ada pertandingan sepakbola, camat ataupun kades bisa melaksanakan nonton bareng dan bisa mengambil kesempatan tersebut untuk melakukan vaksinasi, apabila masih banyak masyarakat yang tidak mau divaksin maka ADD tidak disalurkan ke desa,” tegas Kamta.

Turut berhadir para rapat evaluasi ini, Komandan Kodim 1009/Tanah Laut, Kabag OPS Polres Tala, Kepala Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Tala, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, perwakilan Dinas Kesehatan Tala. (Pro/Ben).

About Author