Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Bupati Inginkan Sekolah Tidak Hanya Sebagai Pencetak Selembar Ijazah Saja.

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Seiring dengan bertambahnya zaman maka metode proses pembelajaran di dunia pendidikan harus mengalami perubahan serta penyesuaian ke era digital dengan cara melakukan tranformasi termasuk memanfaatkan kecanggihan teknologi, sehingga murid tidak hanya mendapatkan ijazah tetapi juga mendapatkan kompetensi yang berkompeten.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta saat membuka secara resmi kegiatan Coaching Clinic (Pendampingan) Program Sekolah Penggerak (PSP) bagi Kepala TK, SD dan SMP se-Kabupaten Tala.

Bertempat di Gedung Sarantang Saruntung Pemerintah Kabupaten Tala, yang digelar sejak Selasa (14/2/2022) hingga Rabu (15/2/2022).

Lebih lanjut, Sukamta menginginkan agar seluruh sekolah yang ada di Bumi Tuntung Pandang tidak hanya hadir sebagai mesin pencetak selembar ijazah saja. Tetapi, siswa dan siswi wajib mempunyai kompetensi yaitu attitude (sikap), tanggung jawab, disiplin dan keahlian, maka dari itu mari bersama-sama wujudkan dan bergerak untuk melakukan perubahan besar agar generasi muda tidak hanya sebagai penonton dimasa yang akan datang.

“Kita (tenaga pendidik) selalu mengikuti perkambangan zaman agar para siswa dan siswi mampu bersaing dibidangnya masing-masing,” ucap Kamta.

Pada tahun 2021 lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (RI) meluncurkan sebuah program prioritas dengan bertajuk program sekolah penggerak, sebagai upaya mendorong satuan pendidikan melakukan transformasi diri untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah, kemudian melakukan pengimbasan ke sekolah lain untuk meningkatkan mutu serupa serta menyukseskan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar yang menjungjung tinggi nilai-nilai pancasila.

“Saya ingin nantinya seluruh sekolah untuk dapat bergabung dalam PSP sehingga semua mendapatkan hak dan kesempatan yang sama,” tuturnya.

Besar harapan Pemerintah Daerah Kabupaten Tala agar generasi penerus bangsa dapat berkembang dan mengikuti segala kemajuan teknologi agar kedepannya kualitas sumber daya manusia (sdm) mampu bersaing dengan para tenaga asing.

Ia juga memiliki keyakinan terhadap para generasi muda yang saat ini masih mengenyam pendidikan tidak mudah putus asa dan bosan ketika melakukan pembelajaran yang selalu mengikuti perkembangan zaman.

Program ini sangat besar manfaatnya, baik bagi pemerintah daerah maupun sekolah pelaksananya, dengan kepala sekolah yang baik maka akan menghasilkan satuan pendidikan yang berkualitas, kepala sekolah juga harus mampu mendorong, mengajak, memotivasi guru dan memberikan contoh melakukan perubahan-perubahan di dalam paradigma baru.

“Pemkab akan berkomitmen dan mendukung secara penuh sekolah penggerak ini menjadi sekolah katalis dalam mencapai target mutu pendidikan,” pungkasnya.

(Prokopim/Ben) 

About Author