Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

BPR Tala Raup Untung

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Bank Perkreditan Rakyat Tanah Laut (BPR Tala) berhasil meraup keuntungan gross income (pendapatan kotor) dividen (keuntungan) pada tahun 2021 mencapai Rp 800 juta. Dari gross itu, Rp 200 juta disetorkan untuk pendapatan asli daerah (PAD).

Hal ini menuai apresiasi oleh Bupati Tala HM Sukamta saat menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham PT BPR Milik Pemerintah Daerah. Bertempat Hotel Aston Banua, Selasa (19/4/2022).

Sukamta memaparkan, deviden yang didapatkan belum dipotong pajak sebesar 11 persen. Hal ini sesuai arahan pemerintah yang berlaku sejak 1 April 2022, alhasil pemotongan pajak ini membuat deviden turun. 

“Secara keuntungan terjadi kenaikan, namun meningkatnya angka pajak hingga 11 persen membuat pendapatan menjadi turun,” terangnya.

Sukamta juga bangga atas kinerja BPR Tala yang semakin baik dan bisa menyetorkan keuntungan untuk PAD, meski masih berada dalam situasi pandemi Covid-19.

Ia menyakini tahun depan dengan usaha yang lebih keras lagi BPR mampu memberikan setoran yang lebih banyak hingga Rp 400 juta. Mengingat keuntungan yang didapat tahun depan tidak dipotong untuk membayar utang, karena telah dibayarkan seluruhnya tahun ini. 

“Semoga tahun depan setoran untuk PAD terus meningkat, jika terus meningkat maka artinya kinerja BPR Tala semakin baik dari waktu ke waktu,” ucap bupati.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini BPR Tala masih mengalami permasalahan yaitu Non performing loan (NPL) yang cukup tinggi sekitar tujuh persen, namun hal tersebut akan secepatnya diselesaikan pemerintah daerah dan BPR Tala.

“Saat ini NPL menjadi pekerjaan rumah kita semua, tapi pada prinsipnya saya menilai kinerja BPR Tala sudah sangat bagus dan akan didorong lebih bagus lagi ditahun-tahun mendatang,” Pungkas Kamta.

*Prokopim/Ben

About Author