Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Bawaslu RI Launching Meja Bantuan Pemantau Pemilu Sekaligus Menandai Dibukanya Pendaftaran.

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Badan Pengawas Republik Indonesia (Bawaslu RI) melakukan peluncuran secara serentak Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024, di Kantor Bawaslu RI, Jakarta. Jumat siang (10/6/22).

Peluncuran yang dilakukan luring dan daring ini diikuti seluruh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten Kota se-Indonesia. Termasuk Bawaslu Kabupaten Tanah Laut.

Launching ini sekaligus menandai dibukanya pendaftaran bagi pemantau pemilu yang akan berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu 2024, baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten kota.

Ketua Bawaslu Tala, Gunawan Rahayu mengatakan, Peluncuran Meja Bantuan Pemantau Pemilu merupakan kolaborasi antara Bawaslu RI beserta jajaran sampai Kabupaten Kota dengan pemantau Pemilu seluruh Indonesia.

“Ini sudah dilakukan sejak tahun 2019 lalu pada pemilu 2019 yang mana pada tahun 2019 itu ada 138 pemantau Pemilu terdaftar untuk melakukan pemantauan pemilu,” ujarnya.

Gunawan berharap dengan didaftarkan pemantau pemilu, ini nanti pemantau pemilu itu bisa ikut serta mengawasi proses pelaksanaan semua tahapan pemilu, yang mana Minggu depan pada tanggal 14 Juni 2022 itu akan di launching oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

“Jadi secara resmi pada tanggal 14 Juni 2022 tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 itu sdh bisa berjalan,” ungkapnya.

Lanjut Gunawan, adapun urgensi yang lain dari pada meja bantuan pemantau itu untuk mempermudah akses pemantau pemilu mendapatkan layanan informasi dan proses pendaftaran para pemantau pemilu.

“Jadi hal teknik apa yang diperlukan, itu bisa ditanyakan langsung nanti di meja layanan bantuan pemantau pemilu.” pungkasnya. (Ben)

About Author