Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Wabup Minta OPD Segera Melakukan Langkah Penguatan Mitigasi Bencana Banjir

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Berkaitan dengan bencana banjir yang melanda beberapa desa di Kecamatan Takisung beberapa hari yang lalu, Wakil Bupati Tanah Laut (Tala) Abdi Rahman menginstruksikan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk segera melakukan evaluasi dan memperkuat langkah-langkah mitigasi bencana banjir.

Hal tersebut Ia sampaikan pada Rapat Koordinasi Penanganan Banjir bersama OPD terkait, camat dan para kepala desa di Ruang Kerja Wakil Bupati, Kamis (10/3/2022). 

“Saya bersama Pak Bupati sudah berdiskusi dan meminta OPD terkait segera melakukan langkah penguatan mitigasi bencana banjir dan bencana lainnya. Rakyat kita sekarang sedang risau. Banjir yang terjadi kemarin memang mengejutkan walau tidak sebesar tahun lalu. Ini harus kita sikapi dengan serius persoalan hulu ke hilirnya. Tidak hanya penanganan jangka pendek, jangka panjangnya juga perlu”, ungkap Abdi. 

Selain pemaparan dari OPD terkait, dalam rapat tersebut para kepala desa yang wilayahnya terdampak banjir beberapa hari yang lalu juga menyampaikan kondisi yang terjadi di lapangan.

 

Setelah mendengar aspirasi para kepala desa, Abdi pun menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Tala terus mengupayakan yang terbaik agar bencana banjir tidak terjadi lagi. 

“Upaya mitigasi atau pencegahan bencana alam adalah tanggung jawab kita semua, terlebih dalam cuaca yang akhir-akhir ini cukup ekstrem. Kami mohon maaf kepada masyarakat dan mohon tetap sabar karena kami akan terus bekerja dan menegaskan bahwa pemerintah daerah hadir untuk masyarakat dalam kondisi apapun”, pungkasnya. 

Sebelumnya pada tanggal 7 dan 8 Maret yang lalu terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi yang mengakibatkan banjir di beberapa titik wilayah di Kecamatan Pelaihari dan Kecamatan Takisung diantaranya Desa Ranggang, Desa Batilai dan Desa Guntung Besar.

Hadir pada rapat tersebut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr H Akhmad Hairin, Kepala Bappeda Andris Evony, Kepala Dinas PUPRP Agus Sektyaji, BPBD, Camat Takisung, Camat Pelaihari dan para kepala desa.

(Prokopim/Ben).

About Author