Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Perkuat Kerjasama Bupati Tala Dengan Bupati HST Lakukan MoU.

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Sentuhan digital dalam pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan merupakan langkah inovasi yang diperlukan dalam mendorong kemajuan masing-masing daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta saat menyambut kunjungan studi tiru rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) yang dipimpin langsung Bupati HST H Aulia Oktafiandi di Aula Sarantang Saruntung Sekretariat Daerah (Setda) Tala, Senin (31/1/2022). 

“Kita memang perlu saling kerjasama seperti ini dalam mengembangkan inovasi pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan. Zaman sekarang memang menuntut begitu, kalau kita tidak memanfaatkan teknologi digital maka kita sendiri yang bisa tertinggal dari daerah lain”, ujar Sukamta. 

Terkait pengembangan dan penggunaan aplikasi pada Pemkab Tala, Sukamta menegaskan bahwa aplikasi tersebut dikembangkan sendiri oleh tenaga-tenaga ahli dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tala.

Menurutnya hal ini memiliki sisi positif yang besar dari sisi pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dan menimbulkan rasa tanggungjawab memiliki dan menjaga apabila dikembangkan dan dikelola secara internal. 

“Saya arahkan dinas-dinas sejak tahun 2019 kita mulai memaksimalkan pemberdayaan teknologi digital dalam pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan melalui aplikasi-aplikasi. Aplikasi-aplikasi ini tidak pernah kita minta melalui penyedia jasa dari luar, semua dikembangkan oleh tenaga-tenaga internal kita di Diskominfo Tala”, tambahnya. 

Kedatangan rombongan Pemkab HST kali ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Tala terkait pengembangan/pemakaian aplikasi pengembangan SDM serta pelaksanaan asistensi terkait mekanisme pengukuran kinerja dan disiplin dalam rangka pemberian tambahan penghasilan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) HST.

 

Untuk memperkuat kerjasama tersebut dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Tala HM Sukamta dengan Bupati HST H Aulia Oktafiandi, Kepala Diskominfo Tala dengan Kepala Diskominfo HST dan antara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tala dengan Kepala BKPSDM HST. (Prokopim/Ben)

About Author