Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Para Nelayan Terima Layanan Kemudahan Perizinan Kapal. 

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.- Melaut bagi masyarakat pesisir sudah seperti aktivitas utama. Bagaimana tidak, sebab mayoritas masyarakat pesisir berprofesi sebagai nelayan tak terkecuali di Desa Tabanio Kecamatan Takisung.

Oleh karena itu, dalam rangka membantu memperlancar aktivitas nelayan Desa Tabanio, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Tanah Laut (Tala) berkerjasama dengan Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP) Kelas III Kintap Kementerian Perhubungan memberikan pelayanan bagi nelayan tersebut pada Selasa (15/3/2022).

Diketahui, petugas memberikan pelayanan berupa pengukuran kapal nelayan dalam rangka proses memperoleh perizinan khusus ukuran kapal besar di atas tujuh Greston. 

Salah seorang nelayan saat ditemui petugas mengaku senang atas pelayanan yang mereka dapatkan.

“Kami sebagai nelayan menyadari perizinan tersebut penting sekali untuk kapal besar, sebab operasi penangkapan nelayan Tabanio sudah memasuki wilayah antar provinsi. Bila sudah ada kelengkapan perizinan, kami tentu tidak khawatir lagi,” ungkapnya.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada DKPP Tala, Noor Irawady kodratillah Asmi alias Iwan mengatakan bahwa ada enam titik layanan perizinan bagi daerah pesisir. 

“Pelayanan kami menyasar Desa Batakan, Desa Sungai Rasau, Desa Muara Asam-Asam, Desa  Swarangan, Desa Kuala Tambangan, dan juga Desa Tabanio yang atas kesadaran masyarakat Tabanio sendiri bersama kepala desa dan aparat lainnya akan pentingnya perijinan tersebut,” kata Iwan.

Ia berharap pengukuran terlaksana bagi semua kapal, karena salah satu persyaratan penerimaan BBM bersubsidi adanya kelengkapan perizinan kapal.

Diketahui, sepanjang Selasa (15/3/2022) total terdapat 20 unit kapal yang sudah mengikuti pengukuran. Diperkirakan, jumlah tersebut akan terus bertambah seiring layanan pengukuran yang masih terus dibuka.

(Disk Tla/Ben)

About Author