Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Lestari Budaya, Bupati ‘Sawer’ Anak-Anak Tronggo Budoyo

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Sambut kedatangan Bupati Tanah Laut (Tala) H. M. Sukamta pada rangkaian Manunggal Tuntung Pandang (MTP), anak-anak yang tergabung dalam Kelompok Seni Tronggo Budoyo Desa Sungai Jelai Kecamatan Tambang Ulang menampilkan kesenian kuda lumping, di Halaman Kantor Desa Sungai Jelai, Jum’at (1/Juli/2022).

Penampilan anak-anak ini mendapat sambutan dan respon positif dari orang nomor satu di Tala tersebut. Bahkan, dirinya memberikan saweran kepada setiap anak yang tampil sebagai apresiasi

“Saya bangga melihat anak-anak yang mau melestarikan budaya seperti kuda lumping ini,” ucapnya usai meninjau beberapa pelayanan yang dihadirkan pemerintah pada MTP ini.

Menurutnya, pelestarian budaya seperti ini harus tetap dipertahankan. Jangan sampai anak-anak lebih banyak mengenal budaya luar daripada budaya sendiri.

“Mempelajari budaya seperti ini dapat menjadi salah satu cara membentuk karakter kita sebagai orang Indonesia, terlebih bagi anak-anak generasi kita. Agar tidak tercabut dari akar budayanya,” lanjut Sukamta.

Mbah Sairun, Ketua Kelompok Seni Budaya Tronggo Budoyo merasa senang bisa membuat anak didiknya tampil dihadapan para pejabat kabupaten. Kendati demikian, Ia tidak menyangkal jika sementara harus menggunakan peralatan yang kurang layak.

“Mudah-mudahan kegiatan anak-anak seperti ini dapat dukungan penuh dari pemerintah,” harap Hairun.

Berdiri sejak 1985, kelompok ini ternyata sudah banyak menelurkan berbagai generasi yang telah melestarikan kesenian ini. Bahkan, diketahui saat ini sudah berdiri cabang kelompok ini. (Diskominfo)

About Author