Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Diakhir Tahun, Pemkab Tala Upayakan Capaian Vaksinasi Sudah Lampaui 70 Persen. 

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id- Memastikan capaian vaksinasi di Kabupaten Tanah Laut (Tala) melampaui angka 70% sampai dengan akhir tahun 2021, Bupati Tala H. M. Sukamta bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tala melakukan evaluasi percepatan vaksinasi masing-masing kecamatan melalui virtual zoom meeting di Ruang Pertemuan VIP Kediaman Bupati Tala pada Senin malam (27/12/2021).

Secara bergantian Bupati Tala meminta kepada seluruh camat dan setiap kepala puskesmas di Tala memberikan laporan kegiatan percepatan vaksinasi hingga hari ini dan rencana pemberian vaksin di hari berikutnya.

Sukamta menyampaikan bahwa untuk meningkatkan capaian vaksinasi di Tala perlu melakukan banyak segmentasi waktu. 

Hal ini bertujuan agar bisa memberi kesempatan bagi masyarakat yang berhalangan pada waktu tertentu.

“Kita harus siap melayani masyarakat untuk vaksinasi kapan mereka bisa, baik itu pada malam, pagi, sore atau bahkan tengah malam. Jadi kita mengikuti kapan masyarakat bisa untuk menerima vaksin. Semoga dengan ini bisa meningkatkan capaian vaksinasi di Kabupaten Tala,” kata Sukamta.

Sukamta juga terus mendorong setiap desa agar melakukan percepatan vaksinasi pada masyarakat. Melalui camat, disampaikan bahwa setiap desa juga harus mencapai minimal 70% masyarakat sudah menerima vaksin sampai dengan akhir tahun.

“Kita ambil kebijakan bahwa desa-desa yang vaksinasinya sampai akhir tahun belum mencapai 70% maka penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) akan saya tunda sampai vaksinasinya mencapai 80%,” ungkap Bupati. 

Terhitung hanya menyisakan empat hari jelang memasuki tahun 2022, Sukamta terus memberikan semangat kepada setiap unsur yang terlibat dalam percepatan vaksinasi.

“Kita masih punya waktu empat hari lagi agar melampaui batas minimal yaitu 70% hingga akhir tahun. Tetap kerja keras dan semangat terus, mudah-mudahan kerja kita diridhoi oleh Allah SWT,” ujarnya. 

Orang nomor satu di bumi tuntung pandang ini juga menyampaikan kepada para camat dan kepala puskesmas agar terus berkoordinasi dalam upaya percepatan vaksinasi ini. 

Selain itu, ia juga berpesan apabila ketersediaan vaksin mulai menipis segera koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tala agar meminta tambahan stok vaksin. 

Terakhir ia mengingatkan bahwa jangan sampai ada masyarakat kita yang ingin vaksinasi tetapi ketersediaan vaksin di puskesmas yang bersangkutan sedang kosong.

Capaian vaksinasi Kabupaten Tala sampai dengan hari Senin (27/12/2021) pukul 15.00 Wita terdata mencapai angka 61,6%. (Disk/Ben).

About Author