Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

Bupati Bagikan Fakta ‘Manis’ Manfaat Gapura Karomah Kepada Anggota DPRD Tala

Tanah Laut, inspirasitala.co.id.- Bupati Tanah Laut (Tala) H. M. Sukamta menceritakan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat terlebih UMKM tentang program Pemkab Tala melalui PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tala dihadapan seluruh fraksi DPRD Tala saat Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian jawaban bupati terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Tala terhadap tiga raperda pada Senin (27/6/2022) dikantor DPRD setempat.

Program yang dimaksud adalah Kredit Tanpa Bunga dan Rente bagi Ekonomi Lemah (Gapura Karomah).

“Bunga Sasirangan, industri yang modal awalnya adalah dari Gapura Karomah. Sekarang, menjadi salah satu pengrajin sasirangan yang terkemuka di Tala,” ujar bupati sembari mengajak wakil rakyat agar melihat langsung hasilnya.

Tidak hanya sektor industri, bupati pun mendapatkan cerita dari masyarakat yang memanfaatkan program Gapura Karomah saat menjalankan program Manunggal Tuntung Pandang (MTP) alias bermalam di desa.

“Kemarin, saat MTP di Desa Suka Ramah, para petani sayur mengaku ingin kembali memanfaatkan program Gapura Karomah setelah merasakan hasilnya ketika menanam sayur-sayuran,” sambung bupati.

Dengan hadirnya manfaat besar dari Program Gapura Karomah yang dirasakan oleh masyarakat, diharapkan PT. BPR menjadi salah satu BUMD yang mampu menjadi andalan Pemkab Tala dalam memperoleh pendapatan asli daerah (PAD).

Apalagi dalam APBD, ada tiga komponen yang saling keterkaitan yaitu pendapatan, belanja, dan pembiayaan. Jika ketiga komponen tersebut dibandingkan, maka perlu adanya penyertaan modal terlebih dalam mencari langkah yang sesuai guna pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Karenanya, penyertaan modal terhadap PT. BPR diharapkan menjadi solusi strategis yang kita pilih,” harapnya.

Diketahui, selain usulan raperda tentang Penambahan Penyertaan Modal kepada PT. BPR Tala, bupati turut menyampaikan jawaban atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Tala terhadap dua Raperda lainnya yakni tentang Penyelenggaraan Penanaman Modal dan tentang Kerjasama Daerah. (Rill/Diskominfo)

About Author