Inspirasi Tala

Positif dan Inspiratif

BNNK Tala Sampaikan Capaian Kinerja Tahun 2021, Berikut Realisasinya

TANAH LAUT, inspirasitala.co.id.– Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tanah Laut (Tala) dipenghujung akhir tahun gelar prees release capaian kinerja tahun 2021 di Aula Kantor BNNK Tala, Pelaihari. Selasa (14/12/21).

Kegiatan ini dalam rangka menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait capaian kinerja Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). 

Kepala BNNK Tala AKBP Katamsi Sad Retna Setiawan didampingi Kasubag Umum, Sub Koordinator Seksi Pencegahan Dan Pemberdayaan Masyarakat dan Kasi Rehabilitasi menyampaikan beberapa kegiatan yang dilaksanakan, pertama program Sub Bagian Umum, kegiatan lebih kepada internal kedalam.

Kemudian kegiatan Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) semua mencapai target, 

“Bahkan kalau saya katakan ada beberapa yang lebih dari target, seperti kegiatan fasilitasi ketahanan keluarga, kegiatan pembinaan kelembagaan, lembaga pemerintah, swasta, lingkungan pendidikkan, masyarakat dan juga mendampingi program desa bersinar,” jelasnya. 

Kegiatan rehabilitasi juga sangat penting didalam kegiatan P4GN ini, kata Katamsi, dimana dalam kegiatan rehabilitasi yang dilakukan oleh BNNK Tala ditempat kami ada Klinik Pratama, kami melayani rehabilitasi rawat jalan bagi pengguna penyalahgunaan narkoba.

“Target tahun 2021 itu 30 klien atau 30 orang, namun yang kami rawat sebanyak 47 orang,” sebut Katamsi.

Kemudian masih terkait dengan kegiatan rehabilitasi, sambungnya, pihaknya juga membina Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM). 

“Targetnya satu, kami bisa mencapai tiga. jadi terbentuk tiga lembaga IBM,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan pemberantasan di tahun 2021 memang dalam DIPA tidak ada target pemberantasan dari sisi ungkapan kasus, tapi BNNK Tala melakukan pengungkapan dua kasus,

“Terakhir baru kami ungkap beberapa hari yang lalu dan saat ini masih proses,” kata Katamsi.

Diakhir Press Release, Katamsi berpesan kepada kepada masyarakat apabila mengetahui ada keluarganya, warganya atau dilingkungannya, diketahui dia sebagai pengguna jangan takut untuk melaporkan ke BNNK Tala.

“Nanti kami bantu pemulihannya melalui rehabilitasi rawat jalan, apabila nanti dia hasil asesmennya ringan sampai sedang tapi kalau ternyata hasilnya asesmennya semuanya ke tingkat ketergantungan nya berat, kami akan arahkan ke balai rehabilitasi BNN yang ada di Samarinda,” ucapnya.

 “Jadi jangan takut untuk melaporkan, termasuk jika ada mengetahui adanya peredaran narkoba, jangan takut memberikan informasi kepada BNN, karna kita selalu bermitra dengan masyarakat,” pungkas Katamsi. (Ben) 

About Author